BOGOR, CEKLISSATU - Peringatan Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Indonesia ke-52 tahun, dirayakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama jajaran istri menteri Kabinet Indonesia Maju dengan membuka Gerakan Tanam Cabai Serentak dan ‘Dialog Interaktif Anak’ di Alun-Alun Cirimekar, Cibinong, Senin (4/3/2024). 

Kedatangan Iriana yang juga didampingi istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin yakni Wury Estu Handayani serta beberapa istri menteri dalam Kabinet Indonesia Maju disambut ratusan murid sekolah dasar (SD) dengan yel-yel Genius dan Gerakan Stop Boros Pangan, pada saat tiba di Alun-Alun Cirimekar.

Dalam dialog interaksi dengan siswa SD tersebut, Iriana mengajukan pertanyaan ke beberapa murid dan memberikan hadiah berupa buku dan dua unit sepeda bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari dirinya.

Baca Juga : Iriana Jokowi Hadiri Acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di Bogor

"Ini ibu sama ibu Wapres sama ibu-ibu menteri semuanya akan memberikan pertanyaan. Yang sulit apa yang mudah mudah? Mau hadiah apa?," kata Iriana saat memberikan kuis.

Kemudian, Iriana bersama Wury Estu Handayani menanam cabai sebagai tanda dimulainya Gertam Cabai Nasional.

Iriana dan jajaran menanam cabai sebagai tanda dimulainya Gerakan Tanam Cabai Nasional yang juga dilakukan secara virtual oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Indonesia.

“Ibu-ibu semuanya yang sudah menanam pohon cabai dari Papua Barat selamat pagi, hari ini menanam pohon cabai berapa ? 500 bibit cabai (ditanam) di kebun hatinya PKK,” pesan Iriana.

Menurutnya, hasil panen dari Gertam Cabai Nasional itu bisa meringankan beban masyarakat dimana saat ini harga beberapa komoditi termasuk cabai mengalami kenaikkan harga. 

“Hasilnya dibagikan kepada penduduk atau di jual ? Untuk penduduk dan anggota PKK, tiap penduduk diwajibkan menanam 5 pohon cabai di rumah masing-masing,” pesan Iriana.

“Terimakasih atas penanaman pohon cabai se-Indonesia, semoga berhasil cabai ya bisa panen lebih banyak ya bu terima kasih,” lanjutnya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Siti Chomzah menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga. Karena, cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

"Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah pencanangan Gertam Cabai yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52," imbuhnya.