BOGOR, CEKLISSATU - Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (Fisipkom) Universitas Djuanda (Unida) telah sukses menyelenggarakan kegiatan kaderisasi 2023 hari kedua yang dilaksanakan di aula grdung C, pada hari Sabtu (26/08/2023).


Kegiatan Kaderisasi Fisipkom 2023 membawakan tema “KOMPAS (Komunikasi Penunjuk Arah Sukses)”. Pemateri pertama yang dihadirkan adalah Amelia Andjani seorang alumni Sains Komunikasi Unida yang sekarang bekerja sebagai Staff Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI untuk menyampaikan materi Public Relations. 


Sementara, pemateri kedua yang dihadirkan adalah Koesworo Setiawan yang merupakan dosen Sains Komunikasi Unida sebagai pemateri kedua sekaligus editor Majalah Societa di Kementerian Sosial RI yang menerangkan materi mengenai Jurnalistik.

Baca Juga : Fisipkom Unida Tampilkan Karya dan Inovasi Mahasiswa di Desa Melalui Lokakarya dan Seminar KKN Tematik


Amelia menjelaskan, mengenai peran serta fungsi Public Relations. Sebagai salah satu staff PR di Kementerian Keuangan RI, Amelia juga menceritakan bagaimana pengalamannya selama bekerja di lembaga kepemerintahan yang hampir setiap harinya selalu sibuk untuk menentukan agenda setting, melakukan konferensi pers, memonitoring opini publik, dan masih banyak lagi tugas-tugas seorang PR lainnya.


“PR atau Humas itu merupakan proses strategi komunikasi di mana semua bentuk komunikasi yang ada itu bersifat terencana. Dibandingkan menjaga citra, seorang PR itu harus menjaga kepercayaan publik atas suatu lembaga dan tugas menjaga kepercayaan publik itu sebenarnya bukan hanya tugas PR saja. Oleh karenanya, bisa dibilang jika sebenarnya, semua staff di perusahaan atau suatu lembaga adalah PR perusahaan itu sendiri,” ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Koesworo Setiawan memperkenalkan pada para mahasiswa untuk mengenal lebih dalam apa saja tugas-tugas seorang reporter. Selain itu, Koesworo pun menjelaskan bahwa seorang reporter tidak hanya mendapatkan dari liputan ke lapangan langsung, tapi juga bisa ditempuh dengan mengembangkan suatu isu atau berita ataupun lewat siaran pers yang dibagikan suatu perusahaan atau lembaga.


“Membuat berita ataupun wawancara itu berarti kita (sebagai reporter) harus bisa menguasai segala macam informasi dengan baik. Mau itu informasi tengang budaya, lingkungan, atau yang lainnya. Seorang jurnalis yang baik itu juga harus bisa beradaptasi dalam ruang lingkupnya, terutama di bidang Komunikasi,” katanya.


Eka Putri, salah satu peserta Kaderisasi FISIPKOM yang telah mengikuti acara selama dua hari ini, menuturkan kesannya selama keberlangsungan acara.


“Acara Kaderisasi ini menurutku sangat membantu sekali buat nambah pengetahuan. Apalagi di hari kedua ini tentang bidang PR dan Jurnalistik, kan, yang mana aku awalnya masih bingung buat paham soal kerjanya tuh di bidang ini ngapain aja. Tentunya setelah denger materi-materi tadi, aku jadi lebih dapat wawasan lebih dalam di kedua bidang tersebut,” serunya.