BOGOR, CEKLISSATU - Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (Fisipkom) Universitas Djuanda (Unida) telah menyelenggarakan kegiatan Kaderisasi 2023 hari pertamanya dengan mendatangkan 2 pemateri yang dilaksanakan di Aula Gedung C pada hari Kamis (24/08/2023) ini. 


Kegiatan Kaderisasi yang mengusung tema KOMPAS (Komunikasi Penunjuk Arah Sukses), menggaet Ruben Bentiyan, mahasiswa Sains Komunikasi Angkatan 2020 sebagai pemateri pertama, serta Robby Firliandoko A.Md, S.Ikom, M.Si selaku Alumni Sains Komunikasi UNIDA sebagai pemateri kedua. 


Ketua Himpunan Sains Komunikasi, Muhamad Hilmi, memberikan sedikit pesan dalam sambutannya, yakni mengharapkan kegiatan Kaderisasi ini bisa membuat mahasiswa lebih memahami komunikasi lebih dalam dengan dimulai dari dasarnya, karena banyak sekali pengetahuan dalam bidang keilmuan Komunikasi yang akan disampaikan pada Kaderisasi hari pertama ini. 

Baca Juga : Mahasiswa Fisipkom Unida Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Bogor


"Komunikasi merupakan bidang keilmuan yang wawasannya luas dan tidak hanya berbicara soal komunikasi saja. Tapi, banyak hal selain itu yang bisa didapatkan dalam berkomunikasi itu sendiri," katanya. 


Adapun, pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ruben Bentiyan, yang membawakan materi mengenai Filsafat Komunikasi dan mengajak mahasiswa mengenal unsur-unsur komunikasi dan apa saja tatanan komunikasi


"Komunikasi merupakan proses pencapaian stimulus yang melalui verbal atau simbol kata untuk memodifikasi kebiasaan individu lainnya,"ujarnya. 


Ia juga menambahkan, komunikasi menjadi senjata yang bisa menambah banyak orang (sesuatu yang sangat power full), yang menyebabkan banyaknya perubahan komunikasi.


"Jika kita bisa memanfaatkan komunikasi kalian tidak usah takut untuk bekerja dimana saja, karna komunikasi itu sangat dibutuhkan,"jelasnya.


Materi kedua kemudian disampaikan oleh Robby Firliandoko A.Md, S.Ikom, M.Si. atau yang kerap disapa Bang Robby sehari-harinya. Dalam materinya, ia mengajak mahasiswa dalam membuka wawasan mengenai bagaimana komunikasi adalah salah satu ilmu yang diawali dengan risert serta diakhiri oleh riset juga, dan bagaimana ruang lingkup komunikasi tidak hanya terbatas mencakup Humas atau wartawan saja. 


"Orang-orang yang bisa memimpin dunia itu adalah orang-orang yang bicaranya bagus. Bapak Soekarno, Bapak M. Hatta, Tan Malaka juga. Kalau kamu punya kemampuan public speaking orang-orang bakalan dengerin kamu. Mereka bakalan ikut apa yang kamu katain. Kalau kamu gak bisa ngomong, ya kamu bisa nulis untuk menyampaikannya. Dan kalau tulisan kamu bagus, tulisan kamu bisa ke mana-mana," ujarnya. 


Hal ini seiring dengan harapan Ketua Pelaksana kegiatan Kaderisasi 2023, Eneng Fatimah Azahro, yang berharap bahwa acara Kaderisasi 2023 mampu menjadi acara yang bisa memperluas wawasan atau pengetahuan mahasiswa untuk menjadi lebih kreatif. 


"Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, kami bisa mengajak teman-teman semua untuk berpikir lebih dalam dan lebih kreatif betapa luasnya Ilmu komunikasi dalam kehidupan," katanya dalam sambutannya. 


Salah satu peserta acara mengungkapkan rasa semangat dan kesan pesannya selama mengikuti kegiatan Kaderisasi ini. 


"Acara Kaderisasi ini sangat membantu banget buat kami yang hitungannya masih baru dalam mempelajarinya. Dan tentunya saya harap bisa mengeksplor lebih jauh lagi tentang Ilmu Komunikasi yang dimana tadinya aku masih gagap dan kurang mengerti apa itu komubikasi sekarang jadi tau berkat adanya acara ini,serta diharapkan untuk angkatab aku kedepannya semoga bisa selalu kompak dan bekerjasama dalam hal apapun," serunya.