BOGOR, CEKLISSATU - Memasuki tahun politik yang akan digelar pada 2024 mendatang, berbagai pihak tentu akan mengambil peran tak terkecuali dari sisi hukum seperti yang akan dilakukan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Bogor.

Ketua DPC Peradi Kota Bogor Gunara mengatakan, bahwa dalam menghadapi kontestasi politik lima tahunan yang akan dilaksanakan tahun depan, pihaknya sepakat telah menyusun berbagai program strategis.

Baca Juga : Kejar Target Polio,  Puskesmas Cicangkal Sweeping Secara Door to Door 

"Kami bersama-sama sepakat bahwa akan membuat sebuah kegiatan agar kita bisa menganalisa masalah hukum yang menyangkut Pemilu 2024 dan hal-hal yang bersifat nasional, kita akan berkontribusi dalam membangun kesadaran hukum agar masyarakat sadar dan paham hukum serta apa yang harus dilakukan kedepannya," ucapnya kepada awak media pada Minggu, 9 April 2023.

Gunara menegaskan dalam waktu dekat pihaknya akan menjalin kerjasama yang baik dengan semua stakeholder, termasuk media untuk berbagai persiapan yang menunjang kegiatan-kegiatan Peradi kedepan.

Ditempat yang sama, Maha Katy menuturkan bahwa Peradi Kota Bogor sudah mempumyai beberapa program, lantaran dibalik Peradi ini latar belakangnya orang hukum maka yang paling mendekat yakni memberikan layanan hukum, sosial dan lainnya, apalagi peradi sudah mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

"LBH ini menjadi garda terdepan nanti dimana kita melakukan pembelaan-pembelaan hukum terhadap masyarakat yang termarjinal dan masyarakat yang tidak mampu sehingga apa yang menjadi hak-hak hukum masyarakat yang terabaikan paling tidak bisa kita akomodir," jelasnya.

"Mudah-mudahan hubungan kerjasama yang akan dibangun Peradi Kota Bogor ini kedepan lebih harmoni dan bisa saling berkolaborasi dengan baik," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Peradi Kota Bogor Unggul Cahyaka menambahkan, Peradi ini baru berumur dua tahun, oleh karena itu sinergi Peradi dan awak media serta stakeholder lainnya sangat diharapkan sehingga memberikan satu efek simbiosis mutualisme dengan kolaborasi dan sinergis melalui berbagai kegiatan. 
"Saya pikir kedepan kita akan bersama-sama, karena banyak kejadian di sekitar masyarakat, kadang-kadang kita bisa lakukan, oleh karenanya peran dari media sangat kita tunggu," katanya.