BOGOR, CEKLISSATU - Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor bakal merevitalisasi Pasar Merdeka yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Direktur Umum (Dirum) Perumda PPJ Kota Bogor, Samsudin mengatakan bahwa untuk merevitalisasi Pasar Merdeka pihaknya telah membuka beauty contest per tanggal 3 sampai 19 April 2024 lalu.

Hasilnya, masih kata Samsudin, ada sembilan investor yang tertarik, namun hanya ada satu perusahaan yang dinyatakan memenuhi persyaratan dan lolos administratif.

Baca Juga : Golkar Ajak PKS Gabung Koalisi di Pilbup 2024, Wanhay: Usung Jaro Ade Cabup Bogor

"Walaupun perusahaan itu sudah lolos verifikasi administratif tetapi belum tentu otomatis menjadi pemenang sebab masih ada dua tahapan seleksi teknik dan profitabilitas perusahaan," ucapnya pada selasa, 30 April 2024.

Mantan Ketua KPU Kota Bogor itu menyebut bahwa pihaknya akan melakukan ekspose berkaitan dengan Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang sudah dimiliki Perumda PPJ Kota Bogor.

Setelah itu, pihak perusahaan yang lolos administratif akan membuat propopsal pengajuan dari mulai pembangunan hingga selesai.

"Tanggal 29 Mei kita akan umumkan apakah perusahaan tersebut layak atau tidak kita umumkan sebagai pemenang beauty contest," jelasnya.

Adapun revitalisasi Pasar Merdeka, lanjut Samsudin, tidak akan dilakukan rekontruksi sebab dari segi bangunan masih kokoh. 

"Untuk konsepnya nanti Pasar Merdeka disiapkan untuk pedagang basah dilantai dasar, kemudian lantai 2 pedagang buah-buahan, lantai 3 pedagang onderdil motor dan rooftop diisi aneka kuliner," tegasnya.

Kendati demikian, Samsudin belum dapat memastikan berapa pagu anggaran yang dibutuhkan untuk merevitalisasi Pasar Merdeka karena pihaknya ingin melihat terlebih dahulu proposal yang disampaikan pemenang beauty contest nanti.

"Soal anggaran belum ditetapkan, kami akan lihat proposal dari investor berapa? karena hubungannya dengan profitabilitas perusahaan tersebut," katanya.