BOGOR, CEKLISSATU - Relasi merupakan hal yang penting di setiap organisasi terutama dalam dunia akademik. Hal inilah yang membuat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) merajut kerja sama dengan 5 Perusahaan. Kerja sama ini juga sebagai langkah dalam mewujudkan Visi Misi Unida Unggul yang ditargetkan pada tahun 2026. 

Rektor Universitas Djuanda Prof. Mohamad Ali Fulazakky, Ph.D menyampaikan bahwa Universitas Djuanda sangat ucapan terima kasihnya kepada 5 Perusahaan yang sudah mau bekerja sama dengan Unida. Baginya, perusahaan dan kampus adalah dua entitas yang tidak boleh dipisahkan karena saling mendukung. 


"Alhamdulillah hari ini bisa menjalin relasi dengan perusahaan. Saya sendiri ingin menambah kerja sama internal dan eksternal bersama perusahaan. Maka dari itu, kolaborasi sangat penting sekali karena untuk pengembangan dari universitas kita dalam menciptakan hasil penelitian yang tepat guna dan mewujudkan Visi Misi Unida Unggul pada tahun 2026," ucapnya saat membuka acara Penandatanganan Kerja Sama pada Jumat (26/1/2024) di Aula FISIP Unida. 

Baca Juga : Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia Apresiasi Lokakarya

Dekan FISIP UNIDA Ginung Pratidina mengungkapkan rasa terima kasih kepada mitra perusahaan yang telah hadir hari ini untuk menjalin kesepakatan dengan FISIP UNIDA untuk Program Studi Administrasi Publik dan Sains Komunikasi.

IMG-20240126-WA0182.webp


"Perguruan tinggi tidak bisa berdiri sendiri sehingga harus menjalin kerja sama dengan institusi lainnya. Kita sering dibantu media untuk publikasi segala kegiatan kampus. Hari ini akan kukuhkan kerja sama itu. Maka dari itu penandatanganan MOU sebagai bentuk kesepakatan kedua belah pihak," ucapnya didampingi Wakil Dekan Nonakademik Maria Fitriah dan Kepala Program Studi Administrasi Publik Faisal Tri Ramdani.

Kelima perusahaan tersebut adalah PT. Lafirza Econex Consultan, Ceklissatu.com, Todays Project, Ekotifa (Ekowisata Kreatif Indonesia), dan PT. Candramawa Media Kreasi.

Pimpinan Umum Media Ceklissatu.com Suhairil Anwar menyampaikan bahwa dirinya sangat senang atas antusias Unida untuk mengajak kolaborasi karena bisa membantu dalam hal pengembangan keilmuan komunikasi khususnya Jurnalistik.

"Kami media yang hadir sejak 4 tahun lalu dan sudah terverifikasi Dewan Pers. Kami sangat senang ketika Unida mengajak kami untuk berkolaborasi, karena kami butuh penerus - penerus kami khususnya profesi jurnalis," ucapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT. Lafirza Econex Consultan Rizal Razak menyampaikan bahwa perusahaannya bergerak di bidang jasa konsultan berkaitan dengan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang sudah beroperasi dari Tahun 2012.


"Alhamdulillah perusahaan kami sudah mulai beroperasi dari Tahun 2012 yang bergerak di bidang jasa konsultan dan kajian terkait sosial, IT, program pendampingan pemberdayaan masyarakat, ekonomi wisata maupun sumber daya lokal," ujar Rizal.

Bersamaan dengan PT. Lafirza, Afro Indayana selaku Direktur Ekotifa mengatakan bahwa perusahaannya sendiri berjalan di bidang Ekowisata dengan layanan berbasis perencanaan proses kegiatan, tourism dan manajemen perjalanan.

"Ekotifa sendiri fokusnya itu di Ekowisata dengan layanan berbasis perencanaan proses kegiatan, tourism, dan manajemen perjalanan yang Alhamdulillah sudah bekerja sama bersama pemkot Bogor, WWF, dan sebagainya," jelas Afro.

Tidak melewati kesempatan yang diberikan, COO Today's Project Hammam Bimantara menjelaskan bahwa perusahaannya bergerak di Agensi Digital Strategi Marketing yang baru berdiri saat pandemi covid 19.


"Todays Project ini bekerja di Agensi Digital yang membantu perusahaan dalam strategi marketing sesuai dengan tujuan perusahaan. Todays project baru berdiri ketika pandemi covid yaitu Tahun 2020 dengan tujuan membantu mengembangkan perekonomian di saat pandemi. Harapannya bisa berkembang besar, bersinergi mutualisme," ujar Hammam Bimantara.