JAKARTA, CEKLISSATU - Fenomena King Tide mempengaruhi arus pesisir, menyebabkan banjir rob di wilayah Jakarta Utara. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan, fenomena banjir rob itu akan berlangsung hingga 3 Agustis 2023 mendatang. 

"Akibat adanya fenomena Super Full Moon pada tanggal 01 Agustus 2023 dan King Tide pada tanggal 30 Juli - 03 Agustus 2023 mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob," seperti dikutip dari akun instagram resmi @bpbddkijakarta, Minggu 30 Juli 2023. 

Baca Juga : Gempa 3,1 M Guncang Garut

"Wilayah pesisir DKI Jakarta seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," lanjutnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), BPBD mencatat terdapat terdapat 8 wilayah yang berada di Jakarta Utara akan terdampak banjir rob itu. 

Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan, dan ingin mengetahui kondisi, dapat menghubuni call center Jakarta Siaga 112.