BOGOR, CEKLISSATU - Munculnya nama Asmawa Tosepu sebagai kandidat kuat Pj Bupati Bogor dan tidak termasuk ke dalam tiga nama yang direkomendasikan DPRD Kabupaten Bogor, nyatanya belum diketahui banyak pihak. Salah satu diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

Ketika ditanyakan Ceklissatu, apakah sudah mengetahui tentang kabar siapa yang akan menjadi Pj Bupati Bogor menggantikan Iwan Setiawan yang habis masa jabatannya pada 30 Desember besok, Rudy Susmanto menjawab belum mengetahui hal tersebut.

“Kami belum dapat pemberitahuan resmi sampai hari ini, Bang,” ungkap Rudy Susmanto, Jumat, (29/12/2023).

Baca Juga : Ceklissatu Terima Kunjungan dari FISIP Unida untuk Jajaki Kerja Sama

Wakil Sekretaris DPP Partai Gerindra itupun mengatakan, baik dirinya maupun pimpinan DPRD Kabupaten Bogor masih belum memastikan kapan akan menerima nama Pj Bupati Bogor. Meskipun dirinya mendapatkan informasi jika Asmawa Tosepu yang akan menjabat Pj Bupati Bogor.

“Infonya begitu abang. Tapi saya belum bisa memastikan karena secara kelembagaan belum ada pemberitahuan,” kata Rudy.

Sementara itu, Taufik Saleh salah satu tokoh muda Kabupaten Bogor ketika dimintai komentarnya tentang rumor nama Pj Bupati Bogor, yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari DPRD Kabupaten Bogor menyatakan, persoalan tersebut tidak menjadi masalah. Karena keputusan siapa Pj gubernur, walikota dan bupati yang ada di Indonesia merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Tidak menjadi masalah. Itu kewenangan Kemendagri dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri), walaupun itu sudah ada rekomendasi dari DPRD dan ternyata hasil nama yang keluar tidak berdasarkan rekomendasi,” jawab Taufik Saleh.

Meski begitu, pria yang juga berprofesi sebagai penasehat hukum itupun berharap, siapapun Pj Bupati Bogor yang akan menjabat nantinya menggantikan Iwan Setiawan, bisa berkoordinasi dan sinergi dengan stakeholder di Kabupaten Bogor.

“Semoga bersinergi dengan stakeholder yang ada di Kabupaten Bogor, agar bisa memajukan Bumi Tegar Beriman di masa depan,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya,  nama Asmawa Tosepu yang merupakan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara mengejutkan muncul untuk menjadi Pj Bupati Bogor.

Padahal sebelumnya, beberapa waktu lalu DPRD Kabupaten Bogor sudah mengeluarkan rekomendasi tiga nama yang diajukan untuk menjadi Pj Bupati hingga Pilkada 2024 mendatang. Ketiga nama tersebut diantaranya 
Tubagus Chairul Direktur Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adab Desa, PKK, dan Posyandu pada Dirjen Bidang Pemerintahan Desa Kemendagri, Juanda Dimansyah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan Nurdin Direktur Dikonsentrasi Tugas Perbantuan dan Kerjasama pada Dirjen Kewilayahan Kemendagri.

Kabar merapatnya Asmawa Tosepu dihembuskan salah satu pejabat di lingkungan Pemkab Bogor, “Sekitar 90 Persen benar,” ungkapnya, Kamis, (28/12/2023).

Jika tidak ada perubahan, Aswawa Tosepu akan dilantik pada akhir bulan ini, Sabtu 30 Desember 2023 bersamaan dengan selesainya masa tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan. Namun, informasi lain menyebut, pelantikan Pj Bupati Bogor baru akan dilaksanakan pada 5 Januari 2024.

Asmawa Tosepu sendiri, sebelumnya menjabat sebagai Pj Wali Kota Kendari. Dia bertugas sejak 10 Oktober 2022 dan berakhir Rabu 27 Desember 2023, atau 440 hari di Kota Kendari.