BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jawa Barat, tingkatkan mutu pendidikan melalui sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD). Hal ini dilakukan, sebagai bagian dari evaluasi pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan berupa evaluasi input, proses dan output pembelajaran diseluruh satuan pendidikan.


Untuk itu, dalam rangka meningkatkan mutu satuan pendidikan di Kota Bogor, Dinas Pendidikan Kota Bogor melangsungkan sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Kesetaraan tahun 2023, pada Selasa (25/07/23) di Hotel Rizen Padjajaran. 


Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS), Euis Rochayati  menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bahan evaluasi terkait proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Maka, harus ada kolaborasi antara pemerintah, pengelola dan para peserta dalam meningkatkan mutu satuan pendidikan.

Baca Juga : Komunitas Lope Lope Persembahkan Program Berkala Dengan Tema Summer Party


"Adanya kegiatan ini merupakan program evaluasi dari pemerintah pusat mengenai pembelajaran mulai dari input, proses dan output. ANBK ini menjadi bahan evaluasi terhadap umpan balik mengenai hal-hal yang harus di evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah kita laksanakan. Sehingga agar maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan harus adanya kolaborasi antara pemerintah, pengelola dan peserta didik. Semoga adanya acara ini bisa membawa perubahan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bogor," ujarnya. 


Kasi Kurikulum Bidang PAUD dan DIKMAS, Supyawan mengungkapkan bahwa latar belakang dari kegiatan ini adalah evaluasi yang dilihat dari hasil input potret pelaksanaan pembelajaran diseluruh satuan pendidikan. Sehingga ANBK pada tahun 2023 diharapkan dapat lebih maksimal dibandingkan dengan tahun lalu.


"Kegiatan yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD, tidak lain sebagai evaluasi yang berasal dari hasil input pelaksanaan pembelajaran diseluruh satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui ANBK. Semoga pada tahun ini dapat meningkat dibanding pada tahun lalu dengan kondisi yang telah kita evaluasi sebelumnya baik dari peserta didik, sarana dan prasarana," tuturnya.


Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendalaman informasi mengenai pelaksanaan dan pemahaman terkait teknis lapangan ANBK kesetaraan yang akurat untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Kota Bogor.


Diharapkan peserta memiliki pemahaman secara intensif mengenai cara meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bogor dan mengetahui prosedur operasional ANBK.


Adapun peserta yang hadir sebanyak 76 peserta dari setiap perwakilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berada di Kota Bogor. 


Adanya ANBK dinilai dapat memberi informasi dalam memantau perkembangan mutu setiap pendidikan dan juga kesenjangan yang terjadi.


Pada kesempatan kali ini peserta mendapat bimbingan secara langsung dalam mengelola teknis ANBK untuk para pengurus dan operator, mulai dari cara penonaktifan NPSN dan memberikan informasi perihal daya dukung ANBK tahun 2023.