JAKARTA, CEKLISSATU - RSUD Kota Bogor melakukan Akreditasi Paripurna dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien.

Dalam prosesnya, RSUD Kota Bogor menggandeng Lembaga Akreditasi Rumah Sakit (LARS) dan Damar Husada Paripurna (DHP)

Direktur Utama RSUD Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir, menyatakan bahwa akreditasi dilakukan untuk mendapatkan kualifikasi bintang lima

"Proses akreditasi melibatkan seluruh pihak terkait, dengan tujuan mendapatkan akreditasi bintang lima" Ujarnya
Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Bisnis dan Mutu RSUD Kota Bogor, dr. Armein Sjuhary Rowi, mengatakan,dilakukannya proses akreditasi adalah untuk menunjukkan komitmen nyata rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien. 

"Jadi akreditasi rumah sakit itu tujuannya adalah sebagai suatu penuntun agar RSUD Kota Bogor tetap bisa berkomitmen untuk mencapai mutu" ujarnya.

Diketahui, dalam melakukan akreditasi terdapat lima hal yang menjadi sorotan diantaranya, tata kelola rumah sakit, pelayanan berbasis pasien, keselamatan pasien, fasilitas keperawatan, dan peran rumah sakit dalam program nasional pemerintah.
Ditambakan, Amien menyatakan,RSUD Kota Bogor sendiri telah berkomitmen penuh dalam menjalankan program nasional seperti menekan angka stunting dan wasting, menangani pasien TB serta sosialisasi dan edukasi program keluarga berencana (KB).

"Sesuai arahan Direktur, RSUD Kota Bogor konsisten dan komitmen dalam menjalankan program nasional. Kami juga terus berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin. Mengingat, masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat dan butuh akses serta fasilitas yang memadai" Ungkapnya.

"Jadi dengan adanya akreditasi ini RSUD Kota Bogor sudah memberikan komitmen yang cukup baik untuk selalu meningkatkan pelayanan mutu RS" paparnya.

Untuk diketahui, Tim akreditasi dari LARS DHP telah melakukan telusur dokumen dari unggahan dokumen seluruh Kelompok Kerja (Pokja) tim akreditasi RSUD Kota Bogor pada Kamis 20 Juli 2023 lalu.

Adapun hasil yang didapat berada di angka cukup memuaskan dan memenuhi standar tim penilai. 

Bersamaan dengan itu LARS DHP juga telah melakukan survei ke RSUD Kota Bogor selama dua hari pada tanggal 25-26 Juli 2023.