JAKARTA, CEKLISSATU - Sungai Bengawan Solo debitnya terus bertambah sejak kemarin hingga menyebabkan sejumlah wilayah di Bojonegoro tergenang air.


Volume air masuk ke daratan ke pemukiman warga yang berada tepat di bantaran sungai sehingga menyebabkan banjir selutut orang dewasa.


Berdasarkan data dari Perusahaan Umum Jasa Tirta Divisi Jasa Asa III Bengawan Solo terkait TMA Sungai Bengawan Solo  trendnya turun akan tetapi sungai bengawan solo masih pada siaga merah. Sabtu 4 Maret 2023.


Beberapa wilayah yang tergenang Gang Tambangan Kelurahan Jetak, Kabupaten Bojonegoro dan Kelurahan Ledok wetan, tepatnya di Lorong 1 menggenangi Jalan lingkungan RT.02 dan RT.03 RW.1 dengan ketinggian 5-30 centimeter.


Kalaksa BPBD Kabupaten Bojonegoro, Ardian Orhianto menyebutkan bahwa Petugas BPBD sampai saat ini melakukan langkah pemantau TMA dan mempersiapkan bahan banjiran guna antisipasi pengamanan banjir luapan sungai bengawan solo dalam kota.


“Kami juga menghimbau kepada petugas BPBD untuk Selalu memantau ketinggian muka air baik dari medsos maupun dari papan duga,” ujarnya.