BOGOR, CEKLISSATU – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bogor, Polres Bogor lakukan groundbreaking Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) dan rumah susun (rusun) di Mako Polres Bogor, Rabu 26 Juni 2024.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengatakan, groundbreaking MPP dan Rusun Polres Bogor dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang menjadi tanggung jawab, sesuai dengan konstitusi bahwa tugas Kepolisian adalah memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta peningkatan hukum yang berkeadilan.

"Ini menjadi tantangan bagi kita, sesuai yang jadi harapan masyarakat Bogor kepada kami, yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik, bukan hanya membangun gedung MPP, kami juga memperhatikan fasilitas buat anggota pelaksana pelayanan publik dalam bentuk pembangunan rusun," kata Akhmad.

Baca Juga : Dekatkan Pelayanan Publik,  Ketua DPRD Apresiasi MPP yang Dibangun Pemkab Bogor

Akhmad mengatakan, dana yang dianggarkan untuk pembangunan Gedung MPP dan  Rusun Polres Bogor itu total sebesar Rp73 miliar, dengan rincian untuk gedung MPP senilai Rp36 miliar dan Rp37 miliar untuk pembangunan Gedung Rusun Polres Bogor.

Dia meminta kepada tim kontraktor, yaitu PT Pulau Intan Perdana dan PT Dika Karya Utama, untuk membuktikan dengan baik hasil pekerjaannya. Apabila ada pihak internal atau dari eksternal kepolisian yang 'cawe-cawe' terkait pembangunan Gedung MPP itu, dia secara tegas meminta penyedia jasa melaporkan kepada dirinya.

Dia menuturkan, anggaran dua pembangunan gedung di Mako Polres Bogor merupakan uang masyarakat yang dititipkan ke Pemkab Bogor dan dihibahkan ke Polres Bogor untuk meningkatkan pelayanan publik.

Baca Juga : Uji Coba Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bogor

"Kita harus bertanggungjawab kepada masyarakat, jangan sampai ada 'kebocoran' dan saya minta wartawan turut mengawasi proses atau tahapan pembangunannya," ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, anggaran Pembangunan MPP tersebut merupakan hibah Pemkab Bogor.

“Juga sebagai ucapan terima kasih Pemkab Bogor atas kinerja Polres Bogor yang selama ini telah memberikan berbagai dukungan dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, terutama dalam upaya pengamanan dan penegakan hukum di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Asmawa.

Baca Juga : Pemkot Bogor Rencanakan Bangun Rusun dan Hutan Kota di Kawasan BNR

"Mudah-mudahan ke depan seluruh agenda Pemkab Bogor akan senantiasa dapat dikoordinasikan bersama jajaran yang ada di Kabupaten Bogor. Semoga dengan pembangunan pusat layanan  MPP Polres, termasuk rusun ini kemudian akan semakin meningkatkan kualitas layanan yang diberikan di Kabupaten Bogor," tutup Asmawa Tosepu.