JAKARTA, CEKLISSATU – 47 tower apartemen untuk aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan rampung pada 2024 mendatang.

Sebagai catatan, sebanyak 47 tower rumah susun terdiri dari 31 tower untuk ASN di west residence, 9 tower untuk Paspampres, 4 tower untuk Polri, dan 3 tower BIN. Rumah susun untuk ASN ini sekelas apartemen dan tiap tower rata-rata dibangun 12 lantai.

Proyek yang menggunakan APBN dengan nilai anggaran Rp9,4 triliun tersebut bakal menampung kurang lebih 16.900 orang yang bertugas di IKN Nusantara, dengan rincian sekitar kurang lebih 11.000 ASN dan 5.000 TNI - Polri.

Baca Juga : 47 Tower Apartemen Untuk ASN dan TNI di IKN

"Sekarang kita mau bangun dengan APBN yang Rp9,4 triliun itu, 47 tower, itu APBN. Semester 1 (dibangun) kalau gak kan gak jadi 2024. Semester 1 ini lah bisa kita mulai," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Senin 20 Februari 2023.

Basuki mengatakan, sampai saat ini proyek tersebut dibiayai negara atau APBN. Sementara itu soal skema lain seperti Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sudah ada tetapi belum disetujui di rapat kabinet.

"KPBU belum disetujui oleh kabinet. Ini DIPA-nya sedang diurusin. Besok kan ke sana dengan Presiden, anti kita liatkan desainnya dulu," tutup Basuki.