BOGOR, CEKLISSATU - Bersama rakyat TNI kuat, kalimat inilah yang saat ini tengah diwujudkan sejumlah anggota Koramil yang tergabung dalam Zona 4 terdiri dari koramil 05/Gunung putri, Koramil 06/Cileungsi, Koramil 07/Jonggol, Koramil 08/Cariu Kodim 0621/Kabupaten Bogor bersama masyarakat, yang dipimpin langsung Danramil 05/Gunungputri Kapten Kav La Ahmadin saat melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan aliran sungai irigasi dari sampah dan rumput liar sepanjang Sungai Cigelam, di Desa Mampir Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (04/01/2024).


Karya bakti normalisasi irigasi di Sungai Cigelam, Desa Mampir itu, sedikitnya diikuti sekitar 80 orang yang terdiri dari anggota Koramil dan warga Desa Mampir. 


Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menghindari banjir yang selama ini sering terjadi diwilayah tersebut. Manfaat yang bisa diambil dalam karya bakti ini adalah agar semua pihak, baik aparatur pemerintahan desa dan masyarakat sekitar sadar dan mengerti tentang pentingnya kelancaran saluran irigasi ini sehingga ketika hujan datang air menjadi lancar mengalir.

Baca Juga : APBN 2023 Mendekati Target, Sri Mulyani Mampu Sehatkan APBN Sendiri, Ekonomi, dan Lindungi Masyarakat


Disampig itu aliran Sungai Cigelam juga memiliki fungsi utama untuk pengairan sawah yang terbagi pada sisi kanan dan sisi kiri tanggul sungai.


"Jika saluran sungai ini bersih tidak ada rumput liar ataupun sampah yang menghambat, maka akan bisa meningkatkan mutu pertanian, namun jika masyarakatnya jorok alias buang sampah dikali, maka kita tunggu akibatnya," tegas Danramil 05/Gunungputri Kapten Kav La Ahmadin saat di lapangan.