BOGOR, CEKLISSATU – Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri melakukan aksi bakti untuk negeri dengan menggelar bakti kesehatan, bakti sosial serta penanaman pohon dalam rangka Rakorbin SDM dan PNS Polri TA 2023, berlangsung di Kampung Tapos RT01/RW06 Desa Cibinong, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Sabtu (04/11/2023).

Bakti kesehatan yang dilakukan SSDM Polri di antaranya pengobatan umum, gigi, periksa mata, donor darah, penyuluhan umum, spesialis penyakit dalam, spesialis THT, pengobatan spesialis anak hingga khitanan massal.

Tidak hanya itu, SSDM Polri juga memberikan paket sembako kepada masyarakat.

Baca Juga : Polres Bogor Ungkap 18 Kasus Narkoba Dalam Dua Minggu, 21 Orang Tersangka Ditangkap

Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Komjen Pol Purwadi Arianto menyebutkan, bakti sosial tersebut merupakan aksi nyata kepedulian serta pengabdian institusi Polri kepada masyarakat.

3 Ft Giat Mabes Polri 2.webp
BAKTI UNTUK NEGERI: SSDM Polri menggelar bakti kesehatan, bakti sosial, serta penanaman pohon dalam rangka Rakorbin SDM dan PNS Polri TA 2023, berlangsung di Kampung Tapos RT01/RW06 Desa Cibinong, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Sabtu (04/11/2023). FOTO: M. AGUNG/CEKLISSATU.COM

"Ini untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan pengobatan dan lain sebagainya. Kami hadirkan di sini bidang kesehatan, dokter-dokter spesialis, yang mungkin masyarakat sekitar menghadapi permasalahan kesehatan," ungkapnya kepada ceklissatu.com, Sabtu (04/11/2023).

Tidak hanya itu, Polri juga menyosialisasikan tentang pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga : Polres Bogor Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan ke Kawasan Puncak

Sehingga dalam kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan masyarakat yang memiliki riwayat penyakit saja, melainkan seliruh lapisan elemen masyarakat.

SSDM Polri menargetkan dua ribu masyarakat menerima manfaat dari kegiatan tersebut.

"Tapi saya lihat lebih dari yang sudah ada, ini salah satu bentuk antusias mereka, baru jam segini udah banyak yang hadir. Setelah mereka datang berobat yang hadir di sini diberikan paket sembako untuk sekedar buah tangan dari kepolisian," terangnya.

Perlu diketahui, kegiatan bakti untuk negeri ini dilakukan secara serentak di seluruh Polda jajaran di Indonesia, mulai dari Polda Aceh hingga Polda Papua.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Karo SDM Polda Jabar, Kombes Pol Harry Hariyadi Badjuri, Kapolres Bogor, PJU Mabes Polri, PJU Polda Jabar, PJU Polres Bogor, serta Kapolsek Gn Sindur dan anggotanya.

Berdasarkan data yang diperoleh ceklissatu.com, masyarakat yang memanfaatkan bakti kesehatan di Gunung Sindur Kabupaten Bogor ini di antaranya penyuluhan 500 orang, umum 500, pemeriksaan paru 13 orang, anak-anak 12 orang;

Kemudian penyakit dalam 51 orang, THT 18 orang. Total yang sudah mengikuti bakti kesehatan ini mencapai 1.094 orang, dan kemungkinan jumlah tersebut akan terus bertambah.

Pelaksanaan bakti kesehatan ini juga dilaksanakan di Mapolres Bogor, di antaranya donor darah, pemeriksaan mata, gigi, serta khitan dengan total 1.332 orang. Sedangkan total keseluruhan mencapai 2.426.