BOGOR, CEKLISSATUFun bike dan senam formasi kemerdekaan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat menyemarakan HUT Ke-79 RI tingkat Kabupaten Bogor, di GOR Pakansari, Cibinong, pada Sabtu (10/8/2024).

Selain itu ada juga dimeriahkan pameran UMKM serta panggung hiburan untuk masyarakat.

Sementara pada Minggu (11/8/2024), aka nada kirab bendera merah putih, pemecahan rekor ngaliwet Museum Rekor Indonesia (MURI), serta pameran UMKM, dan panggung hiburan.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, kegiatan ini dalam rangka semarak HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Semarakkan HUT RI ke-79, Diskominfo Kabupaten Bogor Bagikan Bendera Merah Putihdi Cisarua

“Harapannya melalui kegiatan semarak kemerdekaan ini adalah kita memperkuat silaturahmi, sinergi, dan kolaborasi, karena pada kegiatan ini kita bertemu dengan semua unsur elemen yang ada di Kabupaten Bogor,” ungkap Asmawa Tosepu

“Hari ini semua elemen di Kabupaten Bogor berbaur, yakni babarengan, akur, untuk mencapai kemakmuran,” tambahnya. 

Asmawa Tosepu melanjutkan, sementara untuk pameran UMKM diikuti oleh para pelaku UMKM tingkat kecamatan maupun yang ada di kabupaten, baik binaan dari Diskop UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dan perangkat daerah lainnya. 

“Kita ingin menunjukan bahwa UMKM di Kabupaten Bogor itu sudah naik kelas, sudah bukan pada level bawah lagi, tapi sudah bisa diekspor ke negara manapun karena memang kualitasnya sangat bagus,” tandas Asmawa Tosepu.

Baca Juga : HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Pj Bupati Bogor Terima Duplikat Bendera Pusaka, Begini Pesan dari BPIP

Ia menambahkan, produknya berkualitas, mau bahan makanan atau kerajinan industri lainnya sangat bagus, dan pamerannya berlangsung dua hari. 

Besok adalah puncak acaranya, akan ada kirab bendera merah putih yang juga dirangkaikan kegiatan lainnya.

“Besok juga akan ada pemecahan rekor MURI, yakni terkait dengan sajian nasi liwet 17.000 porsi di Stadion Pakansari. Kegiatan ini juga dalam rangka memperkuat nilai kebersamaan dan mengangkat nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Bogor,” ujar Asmawa Tosepu.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, Sintha Dec Checawati, mengatakan, hari ini Kadin Kabupaten Bogor mendukung kegiatan Pemkab Bogor dalam rangka menyemarakan HUT KE-79 Kemerdekaan RI.

“Semangat hari ini adalah semangat kolaborasi, di mana anak bangsa semua berkontribusi untuk merayakan HUT kemerdekaan RI. Tujuannya adalah bagaimana kegiatan ini, bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” ucap Sintha Dec Checawati.