YOGYAKARTA, CEKLISSATU - Pebulutangkis tunggal putra Richie Duta Richardo melangkah ke semifinal turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 seusai menumbangkan wakil Korea Selatan, Lee Sun Jin.

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (6/7/2024), pemain kelahiran 23 November 2007 itu menang dua gim langsung dengan skor identik 21-19, 21-19 atas wakil Negeri Ginseng.

Pada laga ini Richie mengaku bermain dengan enjoy untuk bisa mengatasi perlawanan juara Pathumthani Junior International Series 2023 itu. Dengan ketenangannya, Richie bisa menguasai jalannya pertandingan dan mengakhiri laga dengan keunggulan dalam tempo 44 menit.

“Senang pasti rasanya bisa melangkah ke semifinal turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Ini kali pertama saya tampil di sini dan bisa melangkah hingga empat besar,” ungkap Richie.

“Tidak mudah menghadapi laga ini karena lawan juga memberikan perlawanan. Sejak awal laga skor ketat dan saling kejar mengejar angka. Pada laga ini saya sudah bermain nothing to lose dan tidak memikirkan menang dan kalah dan fokus pada permainan saya,” Richie menambahkan.

Menghadapi wakil Negeri Ginseng, Richie mempersiapkan diri dengan matang. Tunggal putra ranking 102 dunia junior itu mengaku mempelajari gaya bermain lawan sebelumnya dan berdiskusi dengan pelatih.

Dengan strategi yang tepat, Richie akhirnya mampu meraih kemenangan dan menyegel satu tiket di semifinal turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

“Sebelumnya saya berdiskusi dengan pelatih untuk menyiapkan strategi menghadapi lawan hari ini. Dengan arahan dan diskusi bersama, saya akhirnya bisa menerapkan strategi yang kami inginkan dan bersyukur bisa diterapkan dengan baik pada laga ini,” ujar Richie.

Kemenangan Richie di laga ini juga ada andil dari dukungan fan yang datang memberikan semangat. Gemuruh dan teriakan penggemar di GOR Amongrogo membuat pemain asal Tanjung Pinang itu termotivasi memberikan yang terbaik di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

“Kebugaran saya mungkin sudah terkuras sejak menghadapi wakil India pada 32 besar. Semangat saya membara seusai fan bulutangkis di Yogyakarta memberikan dukungan kepada saya. Dukungan mereka membuat saya termotivasi dan saya ingin memberikan yang terbaik dan terus melangkah jauh di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024,” ungkap Richie.

Kegemilangan Richie sayang tidak diikuti Moh Zaki Ubaidillah yang terhenti di delapan besar. Tunggal putra kelahiran 26 Juni 2007 itu bertekuk lutut di hadapan tunggal putra China, Hu Zhe An dengan skor 12-21, 9-21.

Dengan hasil ini, Richie menyusul pasangan Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana lolos ke semifinal turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Ganda campuran yang memulai debut di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 itu melaju ke empat besar seusai mengatasi perlawanan rekan satu negaranya, Taufik Aderya M/Clairine Yustin Mulia lewat pertarungan rubber game 21-13, 14-21, 21-14.