JAKARTA, CEKLISSATU - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memastikan tidak akan setengah hati menghadapi tim nasional negaranya Korea Selatan (Korsel) pada saat bersua di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Hal itu karena Timas Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di  babak perempatfinal Piala Asia U-23, Jumat (26/4/2024) dini hari nanti. 

Seperti diketahui Shin Tae-yong merupakan pelatih yang berasal dari Korsel.

Shin Tae-yong mengutarakan akan tetap menjalankan tugasnya secara profesional, untuk memenangkan Timnas Indonesia dari Korea Selatan.

Baca Juga : Timnas Garuda Hadapi Korsel di 8 Besar Piala Asia U-23, STY: Kami Akan Lakukan yang Terbaik

"Memang posisi saya sekarang apa? Maksudnya pelatih kepala negara mana gitu?," kata Shin Tae-yong.

“Saya akan berusaha supaya Indonesia bisa mengalahkan Korsel. Dengan melaju ke babak semifinal, Indonesia lebih dekat dengan targetnya, yakni meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024,” lanjutnya.

Meski di atas kertas Korsel lebih diunggulkan meraih kemenangan atas Indonesia, tetapi Shin Tae-yong tidak merasa inferior. 

Dia bahkan merasa lebih tenang menghadapi Korsel, apalagi tim asuhannya punya waktu istirahat satu hari lebih banyak dari lawannya itu.

"Dan apalagi saya benar-benar tahu sekali lawannya (Korea Selatan) seperti apa," pungkas pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Untuk Piala Asia U-23 sendiri, baik juara, runner-up, dan peringkat tiga Piala Asia U-23 mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade. Sementara itu, tim peringkat empat akan bertanding dengan wakil dari Afrika, Guinea.