YOGYAKARTA, CEKLISSATU - Pasangan Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana memastikan diri melangkah ke final turnamen bulutangkis BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Kepastian tersebut didapat Darren/Bernadine seusai menumbangkan wakil Korea Selatan, Lee Hyeong Woo/Cheon Hye In dengan skor 21-9, 21-18 dalam laga yang mentas di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (6/7/2024).

Pada laga ini pasangan yang memulai debut di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 itu mengaku tampil tanpa beban dari awal laga. Dengan bermain lebih lepas, Darren/Bernadine bisa mengontrol permainan dan menekan lawan.

Saat lebih menyerang, wakil Negeri Ginseng terlihat tidak mampu mengimbangi permainan Darren/Bernadine. Alhasil Darren/Bernadine mampu meraih kemenangan dua gim langsung di laga ini atas Lee/Cheon dalam tempo 27 menit.

“Pada laga ini kami bisa mengambil kendali permainan sejak awal laga. Sempat kejar mengejar angka di gim kedua, kami kemudian fokus lagi dan lawan terlihat banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat keuntungan untuk kami,” ujar Bernadine.

“Kami bermain dengan nyaman mulai dari awal laga. Lawan terlihat bisa menguasai jalannya pertandingan di gim kedua. Beruntung kami bisa comeback, hal tersebut mungkin terjadi karena lawan bermain dengan tegang,” Darren menambahkan.

Pada pertandingan ini Darren/Bernadine mengaku termotivasi dengan dukungan yang diberikan publik Kota Pelajar. Sepanjang pertandingan semifinal keduanya mendapat semangat dari fan tepok bulu yang ada di GOR Amongrogo.

“Adanya suporter yang riuh turut membantu kami semangat. Hal tersebut juga yang membuat lawan terlihat tegang sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri di penghujung gim kedua,” ungkap Bernadine.

Dengan kemenangan ini, Darren/Bernadine akan berhadapan dengan pemenang laga antara sesama wakil China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan dan Wang Zi Heng/Cao Zi Han pada partai puncak.

“Menghadapi pasangan China, kami harus waspada dengan permainan mereka yang mengandalkan kekuatan. Semua tahu para pemain ganda campuran China punya smash yang kencang. Kami akan mempelajari permainan mereka sambil mencoba mencari celah kelemahan lawan,” ujar Bernadine.

“Tampil di partai final membuat kami harus bisa mempersiapkan diri kembali dengan maksimal. Kami tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Sekarang kesempatannya tinggal selangkah lagi buat menjadi juara dan kami ingin nothing to lose pada partai puncak,” Darren menambahkan.

Raihan ini membuat Darren/Bernadine mengikuti pencapaian Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil pada edisi 2019. Saat itu berlaga di Suzhou Olympic Sports Center, Leo/Indah yang tampil di partai final dan kemudian menjadi juara seusai mengalahkan wakil China, Feng Yan Zhen/Lin Fang Ling dengan skor 16-21, 22-20, 22-20.

Melihat seniornya terdahulu pernah mencapai podium tertinggi membuat Darren/Bernadine berniat untuk mengikuti pencapaian tersebut dan tampil maksimal pada partai final di hadapan publik kota Yogyakarta. “Kami tentu ingin menyamai pencapaian Leo/Indah dengan menjadi juara di Asia Junior Championships 2024,” ujar Bernadine

Indonesia berpotensi menempatkan satu wakilnya lagi di final dari sektor tunggal putra yakni Richie Duta Richardo. Pemain kelahiran 23 November 2007 itu dijadwalkan akan menghadapi wakil China, Hu Zhe An di semifinal. (*)