BOGOR, CEKLISSATU – Masih dalam nuansa HUT Ke-78 Korps Brimob Polri (14 November 2023), Korps Brimob menggelar kejuaraan nasional Indoor Skydiving Dankrobrimob Cup-2023, dengan tema Sportivitas dan Berprestasi untuk Indonesia Maju. 

Kejuaraan tersebut dibuka langsung oleh Wadankorbrimob Polri, Irjen Pol Ramdani Hidayat. Berlangung di Gedung Tan Satrisna Wind Tunnel Brimob, Cikeas, Kabupaten Bogor, Jumat (08/12/2023).

Kejuaraan tersebut digelar selama empat hari, yaitu pada 7-10 Desember 2023. Kejurnas Indoor Skydiving Korps Brimob Polri bekerja sama dengan Persatuan Terjun Payung Polri (PTP) Polri, dan Komite Terjun Payung PB FASI.

Baca Juga : Pimpin Upacara HUT ke-78 Korps Brimob, Kapolda NTT Tegaskan Soliditas dan Keamanan Pemilu 2024

“Kejurnas ini dapat menjadi tolok ukur, dan uji kemampuan bagi personel Brimob yang telah terlatih sebelumnya. Serta membentuk atlet-atlet potensial personel Brimob di bidang cabang olahraga terjun payung,” ungkap Irjen Pol Ramdani Hidayat kepada ceklissatu.com, Jumat (08/12/2023).

1 Ft Skydiving Dankorbrimob 2.webp
KEJUARAAN: Masih nuansa HUT Ke-78 Korps Brimob Polri (14 November 2023), Korps Brimob menggelar kejuaraan nasional Indoor Skydiving Dankrobrimob Cup-2023, dengan tema Sportivitas dan Berprestasi untuk Indonesia Maju. FOTO: AGUNG/CEKLISSATU.COM

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menarik minat para pelajar, mahasiswa dan masyarakat dalam olahraga terjun payung.

“Kejurnas Skydiving ini diikuti peserta dari TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dengan total peserta mencapai 108 orang, yang terbagi menjadi 60 tim,” terangnya.

Beberapa nomor yang dipertandingkan di antaranya, 4 Way Advance, 4 Way Intermediate, 4 Way Women, 2 Way Advance, 2 Way Intermediate, 2 Way Veteran, 2 Way Women, 2 Way VFS, dan 8 Way.

Sementara itu, Ketua Komite Terjun Payung Indonesia, Irvan Zuladry menyampaikan, rasa hormat kepada Polri khususnya Korbrimob yang sudah memfasilitasi, dan memiliki fasilitas prasarana untuk kegiatan terjun payung tetapi di darat atau skydiving.

“Beberapa hal yang positif adalah, pertama kita tidak tergantung dengan pesawat. Kedua, terkait dengan anggaran akan lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Namun demikian, ini juga operasionalnya masih cukup besar,” ucap Irvan Zuladry kepada ceklissatu.com, Jumat (08/12/2023).

Ia berharap, dengan adanya Skydiving Korbrimob ini akan menghasilkan atlet-atlet terjun payung baru khususnya tentang kerjasama di udara yang semakin membaik. 

“Nanti kalau ada pertandingan khususnya single event international, maka kita akan muncul atlet-atlet yang ikut mengibarkan merah putih di tingkat internasional,” tuturnya.

Irvan Zuladry juga menyebutkan, ini merupakan salah satu fasilitas yang terbesar di kawasan Asia. Di Indonesia memang ada punya beberapa, di antaranya di Jakarta ada 4, di Jawa Barat ada 2, di Jawa Timur ada 2, dan di Bali ada 1.

“Tetapi yang terbesar adalah yang di Mako Brimob Cikeas ini. Ini menjadi hal yang posisitf, ke depan kita tinggal melihat bagian dari pembinaan atlet khususnya disiplin Skydiving,” pungkasnya.

Perlu diketahui, hadir dan mewakili dalam kegiatan tersebut Danmen I Paspelopor (Ketua Pelaksanaan Lomba), Kombes Pol Noor Hudaya, Wadankorbrimob Polri mewakili Dankorbrimob Polri sebagai penanggung jawab, Irjen. Pol. Ramdani Hidayat;

Kemudian Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komjen Pol. (Purn.) Rudy Sufahriadi, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Marciano Norman, serta Ketua Komite Terjun Payung Indonesia, Irvan Zuladry.