BOGOR, CEKLISSATU - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh tepat pada tanggal 2 Mei, menurut Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor Wahyudi Chaniago harus bisa dijadikan momentum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya Rata-rata Lulus Sekolah (RLS) yang saat ini presentasenya masih dibawah standar yakni 8,37 persen di tahun 2023 lalu.

“Momentum Hardiknas harus bisa meningkatkan mutu pendidikan di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor. Terlebih lagi, berdasarkan informasi yang saya terima saat ini RLS di wilayah kita masih rendah di angka 8,37 persen,” ungkap Wahyudi Chaniago yang turut mengikuti perayaan Hardiknas di Kecamatan Sukajaya, Kamis (2/5/2024).

Wahyudi menilai, peningkatan mutu pendidikan dan juga RLS bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah semata. Tetapi juga menjadi tugas seluruh elemen masyarakat khususnya unsur pemuda yang ada di Kabupaten Bogor agar menjadi inisiator penggerak pendidikan di Bumi Tegar Beriman.

Baca Juga : Suryanto Putra Dilantik sebagai Pj Sekda Kabupaten Bogor di Sukajaya

“Ini juga menjadi peran kita sebagai elemen kepemudaan untuk berperan aktif memajukan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Bogor,” nilai Wahyudi.

“Apalagi, Indonesia juga mendapatkan bonus demografi yang akan terjadi pada 2035 mendatang, dimana usia produktif lebih banyak daripada non produktif. Sehingga peluang menjadikan visi Indonesia Emas di masa depan bisa tercapai, apabila mutu pendidikan juga meningkat,” lanjutnya.

Ia pun menambahkan, keputusan Pemkab Bogor dengan menggelar upacara peringatan Hardiknas di Kecamatan Sukajaya dan tidak selalu di pusat pemerintah yang berada di Kecamatan Cibinong juga dianggap tepat. Karena, stakeholder yang ada di Kabupaten Bogor bisa mengetahui secara langsung kondisi masyarakat yang ada di wilayah lain.

"Disana, kita bisa ke wilayah-wilayah lain yang di mana banyak orang-orang (pejabat) belum pernah menginjak atau melihat wilayah yang ada di Kabupaten Bogor. Sangat luar biasa sekali upacara hari ini, mudah-mudahan upacara seperti ini bisa dilaksanakan di peringatan hari nasional lainnya," imbuh Wahyudi.

Senada, Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Wakabid Litbang) DPD KNPI Kabupaten Bogor, Haris Sumirat juga berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor agar lebih meningkatkan Rata-rata Lamanya Sekolah (RLS).

"Menyikapi perayaan Hardiknas ini tentunya ada PR (Pekerjaan Rumah) yang besar bagi Pemerintahan Kabupaten Bogor, dalam hal ini Dinistakan Pendidikan untuk lebih meningkatkan RLS (Rata-rata Lama Sekolah)." ungkap Haris.

"Yang hari, RLS ini masih delapan koma sekian persen, yang artinya ini menandakan bahwa tingkat sekolah masyarakat Kabupaten Bogor ini masih rendah,”  tandasnya.