BOGOR, CEKLISSATU - Terjadinya longsor di wilayah Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor berdampam pada jalur kereta api jurusan Bogor-Sukabumi tepat di KM2+6/7.

Akibatnya, longsor yang menimbun enam rumah warga ini membuat jalur KA menggantung hingga tidka bisa dilintasi. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta pun langsung melakukan perbaikan.

"Saat ini yang kita lakukan, kita maksimalkan proses perbaikan dari jalur rel yang terdampak longsor. Tim prasarana semuanya sudah standby, kemudian perangkat alat-alat yang dibutuhkan juga sudah di lokasi," ucap Kepala Humas Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa pada Rabu, 15 Maret 2023. 

Baca Juga : 4 Orang Korban Longsor di Kelurahan Empang Masih Hilang

Perbaikan ini, lanjutnya, dilakukan untuk penguatan struktur penyangga jalur rel. Untuk itu pihaknya akan maksimalkan proses perbaikan agar bisa segera selesai. 

"Yang utama adalah kita menangani longsoran yang terjadi di bawah jalur rel yang berdampak ke struktur bagian bawah jalur rel ini, yang terdampak longsor. Sehingga rel ini menggantung," ungkapnya.

Menurut Eva, jalur rel yang terdampak longsor memiliki kedalaman sekitar 8 meter, panjang kurang lebih rel yang menggantung 25 meter dan lebar sekitar 5,7 meter.

Eva berharap bahwa perbaikan jalur rel yang terdampak longsor segera bisa diselesaikan agar jalur Kereta Pangrango segera bisa difungsikan kembali.

"Fokus utamanya kita memaksimalkan bagaiman operasional KA Pangrango bisa kembali dilakukan melayani pengguna. Meskipun misalnya nanti menggunakan satu jalur dulu," ujarnya.

Kendati demikian, Eva menyebut bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan dan memastikan kondisinya terlebih dahulu meski jalur satunya tidak berdampak atau terkena longsor, namun sangat dekat jaraknya dan sangat rawan.

"Kita harus utamakan keselamatan dan keamanan. Sehingga harus dilakukan pemeriksaan dan sejumlah tindakan lain oleh tim prasarana Daop 1 Jakarta," jelasnya.

Sejauh ini, tambah Eva, kondisi lintas jalan Bogor-Sukabumi dan sebaliknya terpantau aman. "Kendalanya operasional KA Pangrango pada hari ini, karena dampak longsoran yang terjadi di area antara Stasiun Batutulis dan Paledang," katanya.