BOGOR, CEKLISSATU - Pelaksanaanya ramp check terhadap bus baik pariwisata ataupun umum akan berlangsung hingga libur panjang berakhir.

"Target kita sebanyak-banyaknya (kendaraan yang diperiksa). Jadi kita lakukan sampai terus, mudah-mudahan bisa maksimal (sampai liburan berakhir)," ujar Kabid (Kepala Bidang) Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Dadang Hengki kepada wartawan, Jumat 2 Juni 2023.

Menurutnya, ramp check dilakukan untuk memastikan kendaraan yang melintas di jalan raya berada dalam kondisi yang layak, untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga : Ramp Check, Dishub dan Polres Bogor Berhentikan Puluhan Bus di Jagorawi

"Tujuannya untuk yang jelas kelaikan kendaraan. Jadi yang dipakai kan sekarang libur panjang, jadi kita lakukan pengecekan. Untuk memastikan bahwa kendaraan itu laik jalan. Kita lakukan sampai liburan terakhir tapi dengan cara acak dengan tempat yang berbeda-beda," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polres Bogor menggelar ramp check terhadap bus di Rest Area Tol Jagorawi KM 45, Kabupaten Bogor, Jumat 2 Juni 2023.

Terdapat puluhan bus baik bus pariwisata, bus umum hingga bus AKDP diberhentikan dan diperiksa petugas pada gelaran tersebut. Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat berkendara, lampu, rem ban dan lainnya.