BOGOR, CEKLISSATU - Siklon Tropis Khanun yang terpantau di Laut Filipina utara Papua. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pum mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang laut tinggi dan juga hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia timur.

"Siklon Tropis Khanun terpantau berada di Laut Filipina sebelah utara Papua, dengan kecepatan angin maksimum 35 knots dan tekanan udara minimum 1000 hPa," ungkap BMKG, dikutip Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga : Gegara Pemulung Bakar Sampah, Bangunan Kosong di Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor Terbakar

BMKG mengungkapkan, diperkirakan Siklon tropis tersebut meningkat intensitasnya dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat - Barat Laut.

Sistem ini, kata BMKG, juga membentuk daerah perlambatan kecepatan angin(konvergensi) dari Perairan Utara Maluku Utara hingga Laut Filipina, dari Perairan Utara Papua hingga Laut Filipina,dan dari Filipina hingga Laut Filipina.

"Sistem ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dan daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di sekitar Samudra Pasifik utara Maluku Utara dan utara Papua Barat," paparnya.

Berikut dampak cuaca akibat Siklon Tropis Khanun berupa gelombang laut dengan tinggi 1.25 hingga 2.5 meter:

- Laut Maluku

- Perairan Bitung hingga Kepulauan Sitaro

- Perairan Kepulauan Sangihe hingga Talaud

- Perairan utara Halmahera

- Laut Halmahera

- Perairan utara Jayapura hingga Sarmi

- Perairan Sorong bagian selatan

- Perairan Misool

- Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua

Hujan sedang hingga lebat

- Kalimantan Utara