JAKARTA, CEKLISSATU – Selama musim arus mudik, terjadi peningkatan yang signifikan di Bandara Soekarno-Hatta (Soeta), sebesar 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi hal itu karena kebijakan pada arus mudik tahun ini membuat pelaksanaan arus mudik dapat berjalan relatif lancar.

Baca Juga : Mudik Lebaran 2023, Bandara Soeta Capai 1000 Penerbanganan per Hari dalam 3 Hari

Salah satunya adalah disetujuinya kebijakan memajukan libur cuti bersama, sehingga waktu arus mudik menjadi lebih panjang.

“Jadi meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih, bisa tertangani dengan baik. On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik,” ujar Budi dalam keterangannya, Selasa 25 April 2023.

Budi mengatakan, peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada arus mudik tahun ini menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

“Walaupun belum sama dengan tahun 2019, tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita,” tutup Budi.