BOGOR, CEKLISSATU - Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut bahwa petugas gabungan TNI, Polri dan Pemda Kabupaten Bogor sudah siap mengamankan jalur lebaran.

"Terkait pengamanan menjelang libur dan mudik tahun ini alhamdulillah dari wilayah tengah timur sampai selatan pada prinsipnya petugas sudah siap siaga mengamankan dan melancarkan bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik di jalur Puncak ini," kata Iwan.

Baca Juga : H+1 Lebaran, Kendaraan Arah Puncak Diberlakukan One Way

Iwan sendiri sudah melakukan 
peninjauan dan pemantauan pos pengamanan lebaran di Gadog dan Cisarua, Puncak kemarin.

Di kawasan wisata ini, Iwan menyebut bahwa pengamanannya akan dilaksanakan secara ekstra sampai H+10 lebaran. Mengingat akan adanya potensi peningkatan volume kendaraan yang akan memasuki wilayah puncak Kabupaten Bogor.

"Kunjungan kendaraan pasti membludak, berdasarkan data kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Ciawi dari arah Jakarta, tercatat ada sekitar 30 ribu kendaraan melintas sejak H-7 Lebaran," jelasnya.

Menurutnya, sebagai antisipasi kepadatan kendaraan saat liburan lebaran dirinya bersinergi dengan Polres Bogor untuk melakukan rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan pihak kepolisian. Salah satunya pemanfaatan pemakaian aturan gage dan rekayasa one way.

Katanya, untuk mengurai kemacetan, strategi itu yang akan dilaksanakan. Bila kendaraan overload di wilayah puncak, mungkin bisa memanfaatkan jalur alternatif dan saya juga sudah perintahkan kepada Dishub juga PUPR untuk melakukan pemeliharaan jalan alternatif itu. 

"Alhamdulillah sudah sebagian bisa digunakan dengan nyaman, mulai jalur selatan, Pasir Muncang sampe Taman Safari dan juga dari sebelah kiri dari Sumarecon sampai ke Megamendung bisa di lewati, itu jalur alternatif yang bisa pake untuk para wisatawan atau masyarakat yang ingin mengunjungi Puncak," bebernya.