CIANJUR, CEKLISSATU -  Paska banjir bandang yang menyebabkan beberapa rumah warga terendam  pada Rabu, 3 Mei 2023 malam di Desa Mande, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Warga masih membersihkan lumpur bekas banjir yang masuk ke rumah warga Jumat, 05 Mei 2023. 

Rahmat warga  Kampung Nambo, Desa Mande menuturkan, banjir tersebut disebabkan karena intensitas hujan yang cukup tinggi dan penyempitan aliran sungai Cisalada ke pemukiman warga hingga dua meter lebih. 

Baca Juga : Sukses Bertransformasi, PLN Raih Pendapatan Penjualan Rp311,1 Triliun pada 2022

Banjir dari luapan sungai Cisalada ini, setelah adanya peternakan di kampung tersebut. Banjir ini sudah ke lima belas kalinya terjadi merendam rumahnya. Bagi warga, banjir ini karena adanya penyempitan aliran sungai dan berdirinya ptrternakan ayam. sebelum berdiri peternakan, tidak pernah terjadi banjir meluap ke pemukiman warga. 

"Air meluap dari selokan, karena di muara itu kena urugan terus dari pabrik ayam, yang tadinya selokan itu lebarnya 6 meter, sekarang diganti menjadi gorong-gorong kecil." Kata Rahmat

Dampak dari banjir ini sepuluh rumah warga sempat terendam. Saat ini warga yang terdampak berharap adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur, karena sebagian barang-barangnya miliknya tidak bisa diselamatkan. Warga juga berharap agar pemerintah dapat menormalisasikan kembali sungai yang sudah di persempit, agar banjir tidak terjadi lagi di wilayahnyan

"Keinginan keluarga kami hanya satu, normalisasikan lagi selokan yang tadinya enam meter, kembalikan lagi kesemula. Supaya tidak terdampak banjir." Lanjutnya.