BOGOR, CEKLISSATU – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor diterjang angin kencang dan hujan dengan intensitas tinggi selama hampir dua jam, mengakibatkan pohon tumbang dan banjir, pada Rabu (17/4/2024).

Pasca kejadian ini, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna mengimbau semua masyarakat dan stakeholder untuk lebih waspada.

“Kami minta seluruh masyarakat lebih waspada dan siaga terkait bencana hidrometeorologi, dan status Kabupaten Bogor dalam kondisi siap siaga,” ungkap Agus Suyatna kepada ceklissatu.com, Kamis (18/4/2024).

Agus mengatakan, penanganan saat ini di antaranya pemotongan dan pembersihan pohon-pohon yang tumbang. Dibantu oleh dinas teknis, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Baca Juga : Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Tiang Penyangga untuk Lampu Sorot di Kantor Satpol PP Tumbang

Untuk diketahui, hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Bogor. Di antaranya di Kampung Cikempong Kelurahan Pakansari, Cibinong.

Kemudian di lapangan Tegar Beriman dekat kantor DPRD Kabupaten Bogor, kantor Dinas Sosial ada sejumlah kendaraan yang terdampak. Lalu di kantor BKPSDM ada tiga unit kendaraan yang terdampak pohon tumbang.

“Kejadian ini diakibatkan hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang, membuat saluran air tersumbat mengakibatkan akses jalan tergenang air,” tuturnya. 

Namun lanjut Agus, untuk sementara pohon tumbang yang menutupi jalan sudah dievakuasi, dan sudah bisa dilalui oleh warga dan genangan sudah surut.

Pohon tumbang yang dekat DPRD Kabupaten Bogor juga sudah dievakuasi, dan jalan yang menutupi gerbang kantor DPRD sudah bisa dilalui,” terangnya.

Menurutnya, karena hujan deras dan angin kencang yang cukup lama mengakibatkan pohon yang sudah tua atau lapuk roboh, hingga mengenai sejumlah kendaraan.