BOGOR, CEKLISSATU - Tiga mahasiswa dari Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) borong juara Satu, Dua dan Tiga Lomba Poster Tingkat Nasional. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Ade Pramitha yang meraih Juara 1, Angga Sentosa Juara 2 dan Anna Nur Aulia Juara 3 di Lomba Poster Tingkat Nasional yang mengusung tema "Hari Buruh Nasional" dan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Gunung Jati Cirebon. 

Dekan FISIP Unida Rita Rahmawati menyampaikan rasa bangganya atas raihan prestasi mahasiswanya yang menjuarai pada perlombaan Lomba Poster Nasional. Hal ini sejalan dengan visi misi Unida yang menargetkan sebagai Universitas Unggul 2026.

"Alhamdulillah, mahasiswa kami meraih prestasi lagi. Hal ini tentu saja menjadi suatu kebanggaan bagi FISIP sekaligus Unida. Terima kasih kepada tim yang telah berjuang dan kepada dosen pembimbing yang senantiasa membimbing sehingga mahasiswa-mahasiswanya dapat mengukir kembali prestasinya," kata Dekan yang akrab disapa Dekan Rara ini. 

Baca Juga : Hari Ini CEO Microsoft Satya Nadella Temui Jokowi di Istana Jakarta

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Irma Purnamasari mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh ketiga mahasiswa Universitas Djuanda karena proses yang diraihnya tidaklah mudah. Prosesnya melalui ide-ide kreatif yang harus ditungkan ke dalam poster tersebut. Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Irma berharap, mahasiswa yang berasal dari Program Studi Administrasi Publik maupun Sains Komunikasi dapat terus semangat belajar, hingga berdampak bagi masyarakat dan mengukir prestasi lebih dari hari ini.

Lomba Poster Nasional ini sendiri merupakan acara tahunan skala nasional dengan kategori mahasiswa yang merupakan acara Mahasiswa Administrasi Publik dari Hima-APUGJ dan diselenggaran oleh divisi kajian dan keilmuan.

Tema hari buruh ini untuk memperingati gerakan buruh dalam memperjuangkan kesejahteraan dan hak buruh di setiap kalangan. Ketiga Mahasiswa Universitas Djuanda ini meyakini dunia akan selalu membutuhkan para buruh, maka dari itu poster yang dibuat sebagai alat untuk memberi semangat kepada para buruh.

Perjuangan Mahasiswa Sains Komunikasi FISIP Unida untuk meraih prestasi di lomba ini tidaklah mudah. Sebulan sebelumnya mereka harus menyusun konsep yang akan mereka tuangkan ke dalam poster tetsebut.

Sang peraih juara satu, Ade Pramitha menjelaskan bawah keikutsertaan dirinya bersama mahasiswa lainnya didorong oleh Ibu Maria Fitriah yang merupakan Dosen Pengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Penulisan dan juga Wakil Dekan Nonakademik. 

Ade menambahkan bahwa lomba poster nasional ini diumumkan melalui Zoom Meeting yang disediakan oleh panitia pada tanggal 28 April 2024 pukul 10.00 WIB. Zoom tersebut harus diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai Universitas.

"Atmosfer baru yang didapatkan setelah melewati proses panjang. Ini bukan keberhasilan maupun pencapain, melainkan komitmen awal untuk menempuh destinasi selanjutnya," tambahnya.

Sang peraih juara dua, Angga Sentosa merasa awalnya tidak menyangka akan menang karena yakin yang lain lebih bagus tapi dirinya percaya diri dengan karyanya karena memang ingin berkomunikasi lewat poster itu tentang hari buruh

"Maka dari itu saya lebih menekankan pada makna yang terkandung dalam poster saya, dan alhamdulillah menang. saya bersyukur berarti maknanya dapat diterima dengan baik," katanya. 

Anna Nur Aulia menambahkan, dalam lomba poster ini membuat dirinya untuk terus berlatih dalam berfikir kreatif dalam menyampaikan sebuah ide. Lomba poster yang diselenggarakan ini membuat wadah untuk terus belajar dan percaya diri dalam mengembangkan ide kreatif.

Kemenangan ketiga mahasiswa FISIP Unida tersebut menjadi prestasi kelima mahasiswa FISIP pada tahun 2024 ini.

Sebelumnya ada Meylinda Hasim Pratiwi Mahasiswi Administrasi Publik yang meraih Juara 3 Internasional Poster Design Competition, Satrya Bintang Pamungkas 3rd Runner Up Putra Putri Pendidikan Jawa Barat 2024, Best Couple Putra Putri Pendidikan Jawa Barat 2024, Abah/ketua Angkatan 2024, Siti Dwi Agustin Juara 2 Lomba Panjat Tebing dan Prusiking ASC Prusiking Putri Tingkat Kabupaten Bogor dan Anna Nur Aulia dinobatkan sebagai Mojang Parigel (Mojang Berbakat) dalam pemilihan Duta Wisata Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024.