BOGOR, CEKLISSATU - Jumlah penumpang di Terminal Baranangsiang mengalami kenaikan hingga 60 persen selama libur Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024. Selain keniakan penumpang, jumlah keberangkatan dan kedatangan bus mengalami kenaikan signifikan.

Komandan Regu Terminal Baranangsiang, Asep Saepuloh menyebut kenaikan tersebut sudah mulai berlangsung pada 23 Desember 2023 lalu, termasuk jumlah penumpang yang datang mencapai 687 orang per hari sementara penumpang yang berangkat tembus di angka 2547 orang per hari.

"Bus yang datang ke Bogor total ada 143 bus per hari. Sedangkan bus yang berangkat hingga 261 unit per harinya," ucapnya pada Selasa, 26 Desember 2023.

Baca Juga : Penuh Suka Cita, PLN Sukses Kawal Listrik Perayaan Natal Tahun 2023

Adapun bus yang berangkat didominasi Angkutan Kota Antar Provinsi dengan tujuan ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Solo, padang, dan Palembang, sedangkan Bus dengan tujuan dalam provinsi didominasi tujuan Bandung, Garut, dan Pelabuhan Ratu.

Untuk memastikan kondisi kendaraan aman dan nyaman, Asep menyebut pihaknya senantiasa melakukan ramp check pada setiap bus yang akan berangkat.

"Pengecekan dilakukan oleh 3 petugas. Bagian yang diperiksa antara alin surat-surat, mesin, ban, dan bagian lain. Kalsu sudah oke, baru bisa berangkat. Sehari bisa mencapai 20 unit bus akap yang kami periksa," ungkapnya.

Melalui ramp check, sambungnya, kendaraan yang berangkat bisa dipastikan keamanan dan keselamatannya. "Harapannya tentu penumpang bisa sampai di tujuan dengan selamat," katanya.