JAKARTA, CEKLISSATU – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki mengatakan, tahun 2023 disebut sebagai tahun pemulihan transformasi UMKM dan koperasi.

Hal itu mendorong pemerintah untuk menetapkan target menuju Idonesia Emas 2045, yaitu memperkuat pemulihan ekonomi nasional pascapandemi COVID-19 dan menyiapkan transformasi koperasi dan UMKM agar memiliki daya saing.

Teten menyebutkan bahwa upaya tersebut juga akan diteruskan di tahun 2024 agar transformasi Koperasi dan UMKM dapat lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Alhamdulillah, kedua target tersebut tercapai dan telah disiapkan sejumlah piloting yang dapat digunakan sebagai role model pengembangan UMKM dan koperasi ke depan,” kata Teten, seperti dikutip dari keterangannya, Selasa 26 Desember 2023.

Selain iu, Tambah Teten, di 2024 mendatang KemenkopUKM juga memiliki target penciptaan wirausaha sebanyak 1 juta orang. Saat ini tercatat sebanyak 821.599 wirausaha berhasil diciptakan melalui 320 kegiatan dari 27 kementerian/lembaga.

Baca Juga : Kadin Kota Bogor Komitmen Tingkatkan UMKM, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif di Tahun 2024

Sementara itu, program digitalisasi difokuskan pada penguatan sektor hulu, inovasi pembiayaan akan terus didorong untuk memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM dan koperasi termasuk melalui credit scoring, serta menyelesaikan RUU Perkoperasian, dan implementasi UU P2SK. 

Beberapa capaian KemenKopUKM pada tahun 2023 di antaranya adalah keberhasilan meraih target 100 persen penciptaan koperasi modern sebanyak 400 koperasi, yang terdiri dari 220 koperasi pangan dan 180 koperasi non pangan.

“Kami juga terus berupaya untuk menguatkan regulasi perkoperasian melalui penyusunan RUU Perkoperasian agar tercipta koperasi yang adaptif dan tangguh dalam menjawab tantangan secara global. Untuk perkembangan RUU Perkoperasian saat ini akan segera dibahas setelah Surat Presiden (Surpres) Nomor R-46/Pres/09/2023 pada 19 September 2023 disampaikan oleh Presiden kepada Ketua DPR,” ujar Teten.

Tahun ini KemenKopUKM juga telah melanjutkan program SOLUSI Nelayan dan berhasil menetapkan 38 lokasi dari target 59 lokasi untuk pembangunan Stasiun Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN).

Selain itu, pemerintah terus berupaya untuk mengakselerasi transformasi formal usaha mikro, salah satunya melalui penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal.

“Pada tahun 2023 sebanyak 3,4 juta NIB berhasil diterbitkan dari target 2,5 juta NIB (136,10 persen). Untuk sertifikasi halal, tahun ini berhasil diterbitkan 74.879 sertifikasi halal dari target sebanyak 17.375 sertifikasi halal atau mencapai 444,1 persen,” imbuhnya.