BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, menunjuk Penjabat (Pj) Kepala Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang menggantikan Nurhakim yang terlibat kasus dugaan korupsi anggaran SamiSade.

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses Surat Keputusan (SK) untuk menentukan status resmi Pj Kades Tonjong.

“Proses SK nya sudah mulai, mudah-mudahan hari ini selesai,” kata Renaldi, Rabu 9 Agustus 2023.

Baca Juga : Tingkatkan Inovasi Digital Menuju Pelayanan Praktis, Mahasiswa KKN FISIPKOM UNIDA Adakan Sosialisasi Aplikasi SimpelDesa Cijayanti. 

Nurhakim diketahui kini tengah ditahan oleh Polres Metro Depok. Dia terjerat kasus korupsi dana bantuan infrastruktur Samisade tahun anggaran 2022 yang dimana sebagai kepala desa, dia tidak merealisasikan Samisade tahap kedua pada anggaran tahun 2022 itu.

Kata Renaldi, kepala desa yang telah ditetapkan menjadi tersangka akan diberhentikan sementara sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup).

“Jadi berdasarkan Perbup, di permen (peraturan menteri) juga, tentang tata cara pemberhentian dan pengangkatan pada saat kepala desa mulai diterangsangkakan,” papar dia.

Renaldi mengaku, Pemkab Bogor akan mengangkat penjabat sementara agar proses pemerintahan di Desa Tonjong tetap bisa berjalan. Pj Kades ditugaskan untuk melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pemkab berdasarkan semua kewenangan nya, mengangkat penjabat sementara yang bisa melakukan semua kegiatan,” ujar dia.

Sebab, lanjut dia, Pemerintah Desa bertanggungjawab terhadap rencana kerja yang telah dicanangkan sebelum Nurhakim dijadikan tersangka.

“Terutama untuk fasilitasi dana-dana transfer, kaya siltaf, dukungan kegiatan buat seluruh stakeholder di Desa RT, RW kader, itu yang harus,” jelasnya.

Diketahui, Kepala Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Nurhakim, ditangkap polisi kasus dugaan penggelapan dana program Satu Miliar Satu Desa (SamiSade).

Ketua BPD Desa Tonjong, Asman Suparman membenarkan kabar tersebut. Kata Asman, Nurhakim ditangkap jajaran Polres Metro Depok pada Sabtu 15 Juli 2023.

"Saya dapat kabar dari perangkat bahwa Sabtu, ada polisi yang datang ke Desa Tonjong, awalnya dari arah Parung Hijau, ada dua mobil yang satu mobil nya pak kades, warna putih yang satu itu mobil polisi, menuju ke kantor desa," kata Asman, Minggu 16 Juli 2023.

ERUL