BOGOR, CEKLISSATU - Untuk mempersiapkan individu yang dapat menggunakan media sosial dengan kreatif, Fun Radio Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan Workshop dengan tema "How To Produce Creative Content" pada 18 November 2023, di ruang 304 Gedung FISIP UNIDA.


Saepul Hayat selaku manajer Fun Radio FISIP UNIDA membuka kegiatan dengan menjelaskan, sedikit tentang Fun Radio. Saepul berharap peserta yang hadir dapat aktif berdiskusi dan belajar dalam memproduksi konten di media sosial dengan baik melalui kegiatan ini. 


"Saat kita menggunakan media sosial itu tidak hanya take and posting tapi juga ada strategi dalam memproduksi konten yang akan diunggah sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik," ucapnya. 

Baca Juga : Dosen FISIP Unida Paparkan Hasil Penelitian di Konferensi Internasional


Dalam sambutannya, Sarah Azzahra selaku ketua pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak termasuk pihak fakultas dan Robby Firliandoko selaku Kepala Lab Sains Komunikasi dalam membantu menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini. 


"Saya berharap apa yang disampaikan oleh Kak Lingga Wastu dapat bermanfaat bagi semua yang hadir pada hari ini," tambahnya. 


Menurut Sarah, media sosial merupakan hal yang tidak bisa disepelekan sehingga penting untuk generasi muda dapat membuat konten di media sosial dengan baik secara pribadi dan profesional. 


Panitia Workshop Fun Radio menghadirkan Managing Director Beliveinc Lingga Wastu sebagai narasumber dengan pengalaman selama 14 tahun dalam membantu menciptakan  dan menjalankan strategi marketing pada berbagai bidang mulai dari perusahaan digital agency, broadcasting, startup dan e-commerce. 


Workshop berjalan asyik dan santai, sebelum memasuki sesi pemaparan materi, Lingga meminta dua peserta untuk maju dan melakukan sedikit opening saat siaran radio. 


Lingga memaparkan materi mulai dari kabar radio di zaman sekarang, strategi konten radio, market reasearch hingha content plan. Selanjutnya, Lingga juga membuka sesi tanya jawab dan diskusi tentang materi yang telah dipaparkan sebelumnya.


"Untuk tetap relevan, radio harus beradaptasi dalam berbagai bentuk dan chanel. Hari ini, Radio bukan hanya suara, tapi bisa berupa audio dan visual," ungkapnya. 


Umam salah satu peserta worskhop mengungkapkan kegiatan berlangsung dengan seru karena pemateri yang asik. 


"Aku tertarik sama pembahasan terkait bagaimana cara membuat konten kreatif, karena menurut aku di era teknologi ini pastinya "konten kreatif" itu berguna banget buat kita semua, entah untuk berwirausaha, berkarya, maupun lainnya," ungkapnya.