BOGOR, CEKLISSATU – Terkait siapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor yang turut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sejumlah pihak mesih belum buka suara, Kamis (25/7/2024).

Dua dari enam orang yang dibawa KPK diketahui berinisial YM dan YT. Mereka diduga merupakan atasan dan bawahan di salah satu dinas Kabupaten Bogor.

Sampai Kamis (25/7/2024) pukul 21.00 WIB mereka masih menjalani pemeriksaan penyidik di gedung KPK, Jakarta.

Berdasarkan info yang beredar, mereka diperiksa KPK terkait uang Rp300 juta yang hendak diberikan kepada oknum yang mengaku petugas KPK berinisial YS.

Baca Juga : Pegawai KPK Gadungan Diringkus, Diduga Peras Pejabat Pemerintah Kabupaten Bogor

Dikabarkan bahwa YM dan YT diketahui sebagai sosok pengatur lalulintas proyek fisik dan pengadaan di sebuah dinas Kabupaten Bogor

Keduanya juga kerap disebut-sebut yang sering menjembatani kebutuhan proyek milik anggota dewan atau dikenal Pokir. 

Menanggapi hal ini, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menyebutkan, salah satu kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor turut diamankan KPK dalam dugaan kasus pemerasan.

Ia menyebut, dari enam orang yang diamankan oleh KPK, satu di antaranya adalah kepala dinas.

"Kasusnya pemerasan, satu orang sopir, dan empat orang PNS. Satu di antara PNS itu ada kepala dinas, hanya masih dicari tahu siapa," ungkap Asmawa, Kamis (25/7/2024). 

Saat ini menurutnya, masih melakukan penelusuran terkait kasus pemerasan yang melibatkan empat orang ASN Pemkab Bogor tersebut.

"Sekarang kita lihat dulu, seperti apa konstruksinya, apakah bagian dari pelaku, nanti diungkap. Pasti aparat penegak hukum akan mengungkap ini secara terang benderang," ucap Asmawa.

Sebelumnya, KPK mengamankan YS oknum yang mengaku petugas KPK dan sedang memeras pejabat Pemkab Bogor.

KPK telah mengamankan seseorang yang mengaku pegawai KPK dan melakukan pemerasan terhadap pegawai di Pemerintahan Kabupaten Bogor,” beber Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika.

Tessa menjelaskan, penangkapan ini bermula dari informasi terkait pemerasan yang diterima dari seorang pegawai Pemkab Bogor.

KPK kemudian menerjunkan tim yang terdiri dari penyelidik, penyidik, dan inspektorat untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Setelah diamankan, YS langsung dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk dimintai keterangan.

Penangkapan YS dilakukan KPK di Resto Mang Kabayan, Kawasan Tegar Beriman. KPK juga sempat menggeledah kediaman YS di kawasan Villa Bogor Indah, Kota Bogor.