JAKARTA, CEKLISSATU – Usai Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung, Plt Menkominfo, Mahfud MD memastikan bahwa proyek BTS Kominfo jalan terus.

Hal itu, kata Mahfud, adalah perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Proyek BTS ini akan jalan terus, karena sudah didesain sebagai strategi pembangunan, kebijakan strategis pembangunan untuk pelayanan sejak 2006 dan sudah berjalan bagus setiap tahun, sudah dipertanggungjawabkan maka kita usahakan untuk dilanjutkan," kata Mahfud kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 22 Mei 2023.

Baca Juga : Jokowi Tunjuk Menkopolhukam Plt Menkominfo Gantikan Johnny Plate

Mahfud menjelaskan, proyek pengadaan BTS itu sudah berjalan baik sejak 2006 - 2019, namun pada 2020 - 2021 mulai mangkrak atau tidak terbangun.

Oleh karena itu, kata Mahfud, proyek ini harus dilanjutkan supaya menara yang tidak terbangun bisa dipertanggungjawabkan.

“Kita akan cari ajalan agar proyek itu jalan terus.Jika tidak dilanjut lama-lama hilang lalu ke depannya rakyat akan mengalami kerugian. oleh sebab itu tindakan hukum yang harus ditegakkan secara tegas kepada perampok-perampok hak rakyat ini,” tegas Mahfud.

“Jika tidak dilanjut, maka pekerjaan kita 14 tahun yang sudah bagus, dari waktu ke waktu itu akan hangus kalau ini tidak diteruskan. Oleh sebab itu arahan presiden jangan diputus itu. usahakan itu jalan usahakan semua kembali uangnya yang sekarang masih gelap ada di mana-mana," imbuh Mahfud.

Diketahui pembangunan BTS merupakan dari proyek penyediaan layanan 4G di 7.904 desa yang masuk kategori 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Dalam hal ini Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (Bakti) Kominfo menerapkan sistem kerja sama operasi dengan beberapa operator seluler di Indonesia.