BOGOR, CEKLISSATU - Seorang kepala toko Alfamart inisial AY (40) di wilayah Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, melakukan tindak pidana percobaan pencurian dan kekerasan terhadap seorang kasir di toko Alfamart lainnya.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan bahwa tersangka melancarkan aksinya pada 23 September 2023 lalu sekitar pukul 05.57 WIB.

Saat kejadian, tersangka mengancam dengan menodongkan senjata tajam kepada korban yakni seorang kasir di toko Alfamart lain yang berdekatan dengan toko Alfamart tempat tersangka bekerja.

Baca Juga : Sedang Isi Bensin di Cigudeg, Tas Berisi Uang Rp 29 Juta Raib Digondol Maling

"Tersangka ini bekerja di toko Alfamart yang tidak jauh sekitar 200 meter dengan toko Alfamart yang menjadi tempat kerja korban. Saat itu tersangka menodongkan senjata tajam berupa pisau untuk mengancam korban," ucap Bismo saat konferensi pers di mako Polresta Bogor Kota pada Jumat, 10 November 2023.

Namun, aksi tersangka tergagalkan usai korban berteriak hingga mengundang warga sekitar. Tersangka pun, lanjut Bismo, langsung melarikan diri dan berhasil diamankan.

"Atas perbuatannya, pelaku dijerat tindak pidana percobaan pencurian dan kekerasan Pasal 365 ayat (1) KUHP Junto Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," jelasnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Rizka Fadhila menyebut bahwa motif tersangka melakukan aksi tindak pidana tersebut karena kebutuhan ekonomi.

"Hasil pemeriksaan sampai saat ini memang yang bersangkutan melakukan aksinya hanya untuk kebutuhan ekonomi saja," ungkapnya.

Adapun aksi yang dilakukan tersangka, Rizka menegaskan bahwa tersangka melakukan aksi yang sudah direncanakan sebab unsur terencananya sudah jelas 

"Tersangka ini sudah merencanakan dengan matang karena meletakan kendaraannya kurang lebih 50 meter dari sasaran, kemudian dalam berjalan dia sudah menggunakan jaket dan helm full face untuk menutup wajahnya dan dalam aksinya sudah membawa pisau sehingga unsur perencanaan tergambar disitu," katanya.