BOGOR, CEKLISSATU - Himpunan Wanita Karya (HWK) Kota Bogor merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 43, yang digelar di Taman Ekspresi, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, pada Rabu 28 Februari 2024. Syukuran HUT ke 43 HWK dilaksanakan secara sederhana dengan pembacaan doa dan meniup lilin lalu memotong kue ultah yang dilakukan langsung Ketua HWK Kota Bogor Desy Yanthi Utami. 

Ketua HWK Kota Bogor, Desy Yanthi Utami mengatakan, pertemuan ini selain dalam rangka HUT HWK ke 43, juga sekaligus silaturahmi seluruh pengurus dan anggota HWK di Kota Bogor. Momentum inipun menjadi ajang kumpul-kumpul makan bersama (Cucurak) menjelang bulan suci Ramadhan. "Hari ini kami menggelar syukuran sekaligus silaturahmi dan ngeliwet bareng bersama para pengurus dan anggota HWK di Kota Bogor," ucap Desy.

Lanjut Desy, keberadaan HWK di Kota Bogor telah memberikan manfaat dan kontribusi nyata dengan sejumlah program kegiatan yang rutin dilaksanakan. Kegiatan rutin HWK yang sudah berjalan selama ini diantaranya, Pemberian Makan Tambahan (PMT) di Posyandu, kegiatan sosial baik ketika ada bencana alam dan kegiatan rutin santunan kepada anak yatim. Kepedulian terhadap lansia, pengajian, serta bidang olahraga yakni senam bersama. Masih banyak juga kegiatan lain yang dilakukan oleh wanita-wanita tangguh anggota HWK di Kota Bogor ini.

Baca Juga : Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Nasional Sempat Diwarnai Skorsing

"Kami terus mendorong agar keinginan wanita memiliki komitmen profesionalisme yang kuat dalam berkarya di segala bidang. Kami juga berikan kesempatan agar lebih banyak wanita di Kota Bogor memiliki terlibat dalam mengambil peran penting di beberapa ranah produktif. Alhamdulilah pengurus dan anggota HWK ini banyak berkontribusi pada pergerakan pembangunan masyarakat di Kota Bogor," jelas Srikandi Partai Golkar yang diyakini terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bogor dari Dapil 1 di Pemilu 2024 ini.

Desy menyebut, hingga saat ini HWK memiliki kepengurusan di tingkat Kota Bogor sebanyak 25 orang, dan 13 orang pengurus di tiap masing-masing Kecamatan serta Kelurahan se-Kota Bogor. Sementara, untuk anggota HWK sudah mencapai ratusan anggota yang tersebar di 68 Kelurahan. HWK terus menunjukan kiprahnya dalam meningkatkan pemberdayaan wanita, terlibat sebagai perintis dalam memajukan peranan wanita, dan terus melaksanakan kaderisasi untuk kepentingan organisasi.

Sementara, Sekretaris HWK Kota Bogor, Rinilawati menuturkan, HWK selalu hadir dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Agenda terdekat yang akan dilaksanakan diantaranya, menggelar tabligh Akbar sekaligus bakti sosial dan pembagian sembako kepada masyarakat pada bulan Maret mendatang. Momentum bulan suci Ramadhan nanti, akan di isi oleh kegiatan rutin santunan yatim piatu di 6 Kecamatan, pembagian takjil maupun buka puasa bersama.

"Nanti bulan depan kami akan mengadakan syukuran, dan alhamdulilah Ketua HWK Kota Bogor Ibu Desy Yanthi Utami terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Bogor. Sekaligus nanti juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus kelurahan-kelurahan. Kami berharap dengan adanya perwakilan perempuan dari HWK menjadi anggota DPRD, peran serta dan pemberdayaan wanita di Kota Bogor akan semakin maju dan berkembang pesat," katanya.