BOGOR, CEKLISSATU – Setelah diguyur hujan deras, tembok penahan tebing di kawasan Stasiun Maseng Kampung Gembrong RT001/RW007 Desa Ciadeg Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor longsor, pada Minggu (7/1/2024) siang.

Akibat kejadian tersebut, salah satu bangunan di Stasiun Maseng yang masih tahap pembangunan rusak.

Terkait kejadian ini, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M. Adam menyebutkan, tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 12.45 WIB.

Baca Juga : Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Daerah Indonesia, BMKG: hingga Sepekan Kedepan

Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut, mengakibatkan tembok penahan tanah berukuran panjang 21 meter dan tinggi sekitar 10 meter tergerus longsor hingga menimpa bangunan fasilitas stasiun,” ungkap Adam.

Beruntung dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Saat ini TRC-PB BPBD Kabupaten Bogor melakukan sejumlah langkah. Di antaranya berkoordinasi dengan apparat setempat.

“Kemudian melakukan assessment, Analisa, serta memberikan edukasi kebencanaan hingga imbauan dan evaluasi terkait kejadian bencana tersebut,” terangnya.

Di lokasi bencana, BPBD juga dibantu oleh jajaran Kecamatab Cigombong, Polsek Cigombong, Babinsa, Satpol PP, dan aparat desa.

Adam megatakan, saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh kopntraktor PT KAI, dan tembok penahan longsor sementara ditutupi terpal.

“Kendaraan yang melalui akses Jalan Kolonel Bustomi Caringin Cibadak (Stasiun Maseng) diberlakukan bergantian. Dan akses jalan menuju Kampung Gembrong Ciadeg sementara tidak bisa dilalui,” pungkasnya.