BOGOR, CEKLISSATU- Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagio mengingatkan kepada para insan pers untuk senantiasa menjalankan tugas dan profesi dengan mengedepankan kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Pers. Hal itu diungkapkan Subagio pada saat merayakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 di Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Cibinong, Jumat (9/2/2024).

"Jangan sampai kita keluar dari koridor itu, karena itu adalah batasan-batasan norma yang memang harus kita anut dan pegang teguh. Kita bebas bukan berarti kemerdekaan pers itu mutlak atau absolut, tapi kita bebas di sini adalah berintegritas, di antaranya adalah kita harus bertanggung jawab kepada negara, bangsa, masyarakat, baik secara moral maupun secara sosial. Dan tentunya kita siap untuk mendukung suksesi Pemilu seperti yang jadi harapan pak Pj. Bupati Bogor dan seluruh masyarakat," jelas Subagio.

Baca Juga : Syukuran Hari Pers Nasional 2024 dan HUT PWI Kota Bogor, Dedie Rachim Ajak Insan Pers Kolaborasi dan Sukseskan Pemilu 2024

Di tempat yang sama, Ketua Korwil II PWI Jawa Barat, Danang Donoroso menuturkan, kegiatan ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan dilakukan untuk memberikan semangat juang kepada para insan pers. Sehingga semakin memotivasi dan acuan kepada para insan pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan profesional terutama di momentum pesta demokrasi tahun 2024 ini.

Baca Juga : Rayakan HPN, Pj Bupati Bogor Ajak Insan Pers Perkuat Sinergitas

"Kita adalah termasuk pejuang-pejuang di dalam alam demokrasi ini, sebagaimana disebutkan dalam undang pers kita termasuk pilar empat demokrasi. Ini menjadi tolak ukur sukses dan tidaknya dalam rangka Pemilu Pilpres di 2024 ini," tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu yang juga hadir di TMP Pondok Rajeg dalam perayaan HPN tahun 2024 mengucapkan selamat HPN 2024 dan HUT PWI ke-78. Asmawa menuturkan, usia 78 merupakan usia yang makin dewasa bagi sebuah organisasi.  

"Saya memahami betul bahwa peran dan fungsi dari pers sangat berat, karena pers harus jadi jalan tengah saat pemerintah juga masyarakat membutuhkan informasi. Semoga PWI semakin matang dan harapan kami ke depan Pemkab Bogor dan PWI semakin sinergi dan kolaborasi terutama memainkan peran dan fungsi masing-masing," ucapnya.

Mantan Pj Wali Kota Kendari itu pun meminta agar insan pers di Kabupaten Bogor turut serta menjaga kondusifitas jalannya Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang. Menurutnya, sorotan media pasti ke Kabupaten Bogor dan jadi salah satu daerah gambaran keberhasilan pesta demokrasi.

"Mohon dukungan yang optimal dari semua insan pers, jaga kondusifitas di masa tenang ini berikan ajakan kepada masyarakat. Mari kita sama-sama salurkan hak politik pada hari H pelaksanaan Pemilu. Saya mohon kepada seluruh media di masa tenang ini, media masih bisa memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk gunakan hak pilihnya," tegasnya.