CIANJUR, CEKLISSATU - Pemkab Cianjur, Jawa Barat di  awal tahun 2024 akan mengopersikan Rumah Sakit Sindang Barang, yang mangkrak pembangunanya sejak tahun 2011. Rumah Sakit Provinsi Jawa Barat tersebut, sudah beberapa kali diajukan Pemkab Cianjur untuk diteruskan pembangunanya oleh Pemprov Jabar agar bisa dioptimalkan untuk pelayanan kesehatan, Kamis 14 Desember 2023.


Bupati Cianjur. Herman Suherman mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kala itu agar Rumah Sakit Sindang Barang yang berada di Jalan Strategis Cianjur Selatan di Kecamatan Sindang Barang untuk kembali dilanjutkan. 


‘’Sudah saya sampaikan waktu itu ke Pak Ridwan Kamil waktu masih menjabat Gubernur dan sudha direspon tetapi pelaksanannya Pak RK keburu habis masa jabatanya. Dan saya waktu itu juga sampaikan tidak bisa membiayai Alkes dan SDMnya,’’ ujarnya.

Baca Juga : Dirut PLN Darmawan Prasodjo Kembali Dinobatkan Jadi CEO Of The Year


Meski demikian lanjut Herman, pihaknya akan mengoperasikan Rumah Sakit Sindang Barang pada awal tahun 2024 dengan dibantu pelayannya dari Puskesmas terdekat termasuk dokternya. Hal ini dilakukan untuk menunjang pelayanan kesehatan di wilayah Cianjur Selatan, walaupun selama ini pelayanan kesehatan di tiap puskesmas di wilayah tersebut sudah lengkap.


‘’Dan nanti Januari 2024 kita buka walaupun  kelas D Pratama, fasilitasnya dibantu puskesmas terdekat,  kita buka dibantu dokternya dari puskesmas terdekat, untuk spesialisnya dari Rumah Sakit Pagelaran. Sehingga mudah-mudahan di awal tahun nanti bisa beroperasi, tapi tetap saya terus berkomunikasi dengan Pj Guberbnur Jabar , karna kalau pakai anggaran kita pasti lama,’’ ungkap Herman.


Sebelumnya diberitakan  pembangunan RSUD Sindang Barang, Kecamatan  Sindang Barang, Cianjur, Jawa Barat terbengkalai sejak tahun 2011 lalu. Padahal, rumah sakit itu merupakan  akses terdekat warga dari lima kecamatan di Cianjur  selatan, karena selama ini sakit kronis harus di rujuk ke RSUD Pagelaran atau ke RSUD Sayang. Cianjur Kota.