BOGOR, CEKLISSATU - Tim Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) gali potensi budaya dan wisata Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor pada Rabu 6 September 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia melalui program Hibah Pengabdian kepada Masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat.

Tim PKM Dosen FISIP Unida yang terdiri dari Afmi Apriliani sebagai Ketua dan Faisal Tri Ramdani serta Maria Fitriah, dan mahasiswa sebagai anggota melakukan kegiatan awal observasi dengan mengunjungi lokasi wisata religi Arca Domas yang merupakan cagar budaya sekaligus lokasi situs megalitik tertua.

Baca Juga : Ikatan Keluarga Alumni FISIP Unida Akan Segera Dibentuk

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian yang nantinya akan dilaksanakan dalam bentuk peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata dalam pengembangan eduwisata cagar budaya melalui kegiatan pelatihan dan penyuluhan bagi masyarakat sekitar, khususnya kelompok sadar wisata yang bernaung dibawah organisasi karang taruna kecamatan tenjolaya.

Ketua PKM Afmi Apriliani menyampaikan bahwa fokus pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, diharapkan, kegiatan PKM ini nantinya dapat memberikan stimulus bagi kebangkitan potensi wisata serta sejalan dengan rencana pembangunan Kabupaten Bogor yang berfokus pada wisata budaya

"Observasi yang kami lakukan di arca domas ini merupakan langkah awal tim untuk menggali potensi wisata budaya yang ada di wilayah tenjolaya, selanjutnya kami akan melaksanakan kegiatan pemetaan potensi budaya dan wisata lainnya, serta kami juga akan laksanakan kegiatan pelatihan dan penyuluhan dalam pengelolaan wisata budaya serta membangun branding wisata secara digital," katanya.

Afmi menambahkan, timnya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Universitas Djuanda, serta Kemdikbud RI yang telah memberikan kesempatan serta memberikan pendanaan  dalam mensukseskan kegiatan PKM ini.

"semoga program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menambah referensi pembelajaran bagi insan akademisi," tambahnya.

Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Tenjolaya Angga menyambut baik dengan hadirnya tim PKM FISIPKOM Universitas Djuanda dengan harapan dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam memajukan potensi budaya dan wisata di wilayah tenjolaya.

"Saya menyambut baik dengan adanya program ini, sebagai gambaran saat ini sudah terbentuk kelompok sadar wisata namun hanya sebatas ceremonial dan dalam pelaksanaannya belum berjalan, SDM yang belum mempuni dari sisi kompetensi dan kemampuan, serta dibutuhkan pendataan lebih lanjut untuk informasi mulai dari pariwisata budaya dan wisata menjadi salah satu masalah yang belum bisa terpecahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa bersinergis membangun dan bisa menjadi wadah dalam meningkatkan potensi pariwisata dan kebudayaan di tenjolaya," jelasnya.