JAKARTA, CEKLISSATU - Puncak arus balik mudik lebaran 2023 periode 1 diprediksi pada hari ini, Senin 24 April 2023.

PT Jasa Marga (Persero) memprediksi 203.000 kendaraan menuju Jakarta dan sekitarnya pada 24 dan 25 April 2023.

Untuk mengantisipasi kepadatan, berbagai alternatif rekayasa lalu lintas bakal diberlakukan, seperti one way atau pemberlakuan satu jalur dan ganjil genap.

"Rekayasa lalu lintas One Way akan diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai dengan KM 70 Tol Jakarta-Cikampek. Rekayasa akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB sampai selesai atau situasional," tulis pengumuman yang dikutip dari akun resmi NTMC Polri @ntmc_polri, Senin 24 April 2023.

Baca Juga : One Way Bakal Diberlakukan Hingga Halim Jika Arus Balik Membludak

Namun, pembersihan jalur untuk One Way akan dilakukan sejak pukul 12.00 WIB. 

Akn tetapi harus diingat bahwa pelaksanaan One Way bisa bersifat situasional sesuai dengan diskresi Kepolisian.

"Ganjil-Genap, tetap dilaksanakan, kepada pemudik yang akan balik mengikuti ONE WAY agar menyesuaikan tanggal dan Nomor TNKB (plat nomor)," lanjutnya.

Contraflow juga akan diberlakukan dari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta Cikampek. Penerapan Contraflow akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB. 

NTMC Polri mengimbau bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju ke arah timur (Purwakarta, Subang, Cirebon, dan wilayah Jawa Tengah serta seterusnya) bisa melewati:

1. Ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek sampai KM 66, ambil arah kiri menuju ruas Tol Cipularang, masuk ke Gerbang Tol Kalihurip Utama selanjutnya keluar Sadang (KM 76 Cipularang) dan melewati Purwakarta melalui jalan arteri.

2. Ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek sampai KM 68, exit di Dawuan (Gerbang Tol Kalihurip 1) selanjutnya lewat Purwakarta/Cikampek melalui arteri.

"Semoga perjalanannya aman, nyaman, dan selamat sampai tempat tujuan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima kasih," tutupnya.