BOGOR, CEKLISSATU - Diduga kembali tercemar limbah aliran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor berubah warna menjasi hitam. Bahkan, juga menimbulkan bau menyengat dan banyak ikan yang mati.

"Sejak Minggu siang hingga malam air  sungai Cileungsi makin hitam, bau dan banyak ikan yang mati" kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) Puarman dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/9/2023).

Puarman meminta kepada pemerintah untuk serius menangani kondisi ini. Karena, dugaan pencemaran Sungai Cileungsi terjadi bertahun-tahun.

Baca Juga : Sumurnya Tercemar BBM, Camat Gunung Sindur Imbau Masyarakat Tak Masak di Dapur

"Mereka meminta pemerintah serius menangani pencemaran sungai yang sudah bertahun-tahun seperti tidak ada perbaikan," pintanya.

Kata dia, pengawasan dan pembinaan oleh pemerintah selama ini dinilai ternyata tidak efektif karena pencemaran yang diduga dari limbah industri selalu terjadi dan berulang.

"Pemerintah harus menggunakan kewenangannya melakukan penindakan yang lebih tegas.Tutup pabriknya dan pidanakan pelakunya. Jika tidak mampu dan mau menggunakan kewenangan yang dimiliki, kibarkan bendera putih," tandasnya.

Foto : dok istimewa