BOGOR, CEKLISSATU - Sekertaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Ruhiyat Sujana meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk serius menindaklanjuti wacana pemindahan pengawasan sekolah tingkat SMA/SMK Pemerintahan Kota/Kabupaten. 

"Kita berharap, rencana Pak Gubernur ini serius, bukan hanya wacana. Kita hampir sama, teman-teman komisi semuanya satu suara, termasuk juga keinginan dari dinas pendidikan, SMA ingin balik lagi (pengawasannya ke Kabupaten)," kata Ruhiyat kepada wartawan, Senin 10 April 2023.

Di menyebut, pemindahan pengawasan itu akan memudahkan Pemerintahan Kabupaten Bogor dan DPRD untuk mengawasi dan mensejahterakan masyarakatnya. 

Baca Juga : Cegah Uang Indonesia ke Singapura, Bahlil: Bangun Pusat Keuangan di IKN

"Banyak hal, misalnya hari ini kita sulit masuk ke wilayah SMK/SMA , padahal berbicara penduduk atau murid, siswanya kan warga Kabupaten Bogor. Ketika berbicara warganya, kan jadi kewajiban kita juga, ya jadi kurang maksimal," papar dia. 

Tak hanya itu, Ruhiyat juga mengaku sejumlah persoalan pun kerap terjadi saat hendak melakukan koordinasi dan komunikasi kelembagaan dengan sekolah tingkat SMA/SMK. 

"Banyak persoalan, banyak sisi kelemahan. Kita berharap, SMA dan SMK dikembalikan lagi kewenangannya ke Kabupaten, karena kita kurang maksimal dalam mengawal pendidikan ini," tutup dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengamini keinginan pemerintah daerah di Bogor akan pengembalian pengawasan SMA/SMK dari Pemprov Jabar ke daerah.

Dia pun tak menampik berbagai persoalan yang terjadi di daerah salah satunya si Bogor kerap kali tak bisa ditindaklanjuti karena terbentur persoalan kewenangan pengawasan.

"Secara pribadi saya cenderung setuju. Karena dulu waktu saya jadi wali Kota Bandung lebih dekat koordinasi teknisnya dan saat pindah ke provinsi memang agak jauh," kata Emil saat mengunjungi Cigombong, Kabupaten Bogor, belum lama ini.