JAKARTA, CEKLISSATU - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Rawamangun terus berupaya meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial dengan cara mensosialisasikan program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan beserta manfaatnya ke komunitas driver Maxim.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun Deni Suwardani mengatakan para pekerja lapangan seperti driver maxim ini sangat berpotensi mengalami risiko kecelakaan saat beraktifitas kerja. Karena itu, maka perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Para driver Maxim ini memiliki risiko, ruang lingkup pekerjaannya tidak kenal waktu siang dan malam. Risiko sangat tinggi, karena itu kami harapkan semua driver Maxim maupun jasa transportasi online lainnya terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” kata Deni.

Dia menjelaskan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, jika terjadi risiko kecelakaan kerja maka seluruh biaya pengobatan dirumah sakit ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan katanya.

Lebih lanjut, didalam sosialisasi tersebut Titan Armaya selaku Account Representative Khusus menjelaskan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan jika terjadi risiko kecelakaan kerja maka seluruh biaya pengobatan di rumah sakit akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai benar-benar dinyatakan sembuh total.

Selain itu, juga ada santunan berupa uang tunai yang diberikan secara langsung kepada peserta jika mengalami risiko kecelakaan kerja hingga mengakibatkan kelumpuhan total atau kematian.

“Untuk risiko kematian santunannya 48 kali gaji yang dilaporkan, apabila meninggal bukan karena kecelakaan kerja ahli waris mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta.Selain itu juga ada beasiswa untuk 2 anak peserta yang meninggal karena kecelakaan kerja, atau meninggal bukan karena kecelakaan kerja bila kepesertaanya minimal sudah 3 tahun. “Beasiswa ini diberikan sejak anak TK hingga perguruan tinggi maksimal Rp174 juta,” kata Titan.

Dengan mengikuti program perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan yang iurannya sangat terjangkau ini kami yakin driver Maxim akan merasa tenang tanpa cemas pada saat bekerja,” tambah Deni.

“Seperti kampanye kami “Kerja Keras Bebas Cemas”, kembali saya mengajak seluruh driver Maxil untuk memastikan dirinya terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan, karena dengan memiliki perlindungan driver Maxim dapat bekerja dengan keras, dengan optimal, seluruh kecemasan ke khawatiran akan risiko bisa dialihkan kepada BPJS Ketenagakerjaan,” tutup Deni.