BONTANG, CEKLISSATU - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Bpjamsostek Kantor Cabang Bontang bersama menggelar sosialisasi pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para kontraktor yang bekerja sama dengan PT. Bima Agri Sawit.

Sosialisasi dilakukan di Gedung Pertemuan PT. Bima Agri Sawit, Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur pada Jumat (12/01/2024) dengan memaparkan program-program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh kontraktor rental unit kerja ringan, kontraktor rental unit kerja berat, kontraktor jasa angkut TBS, kontraktor jasa angkut CPO, dan kontraktor jasa angkut kernel yang bekerja sama dengan PT. Bima Agri Sawit.

“Program jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting, karena menyangkut perlindungan terhadap tenaga kerja yang memiliki risiko terutama kecelakaan kerja dan kematian,” cetus Dahlia Libriana, Kepala Kantor Bpjamsostek Cabang Bontang.

Dahlia mengatakan untuk para kontraktor yang bekerja sama dengan PT. Bima Agri Sawit wajib mendaftarkan diri ke program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Lebih lanjut Dahlia menjelaskan untuk program JKK salah satu manfaatnya biaya pengobatan tanpa batas sampai dinyatakan sembuh, berapapun biayanya akan kami bayarkan sesuai kebutuhan medis. Untuk JKM salah satu manfaatnya adalah santunan berupa uang tunai senilai Rp42 juta jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan kerja, misalnya meninggal karena sakit akan kami bayarkan haknya. 

Melalui BPJamsostek, negara hadir memberi kepastian jaminan kepada pekerja dan masyarakat pekerja di seluruh Indonesia dalam hal apabila terjadi risiko sosial.

IMG-20240202-WA0000.webp

“Setelah kami sampaikan manfaat program dan kemudahan mendaftar menjadi peserta, harapannya para peserta sosialisasi khususnya para kontraktor PT. Bima Agri Sawit segera mendaftarkan diri menjadi peserta Bpjamsostek," ucap Dahlia.

Dahlia menuturkan, dengan terlindungi program Bpjamsostek maka para pekerja bisa tenang dalam melakukan kegiatan atau aktivitas karena sudah telindungi dari risiko-risiko sosial.

“Kami sangat peduli dengan pekerja yang masih dibayang-bayangi oleh risiko pekerjaan. Kami harap dengan sosialisasi ini mereka mengerti hak-hak mereka, karena manfaatnya yang sangat besar dengan nilai iuran yang sangat terjangkau,” jelasnya.

Ia pun mengajak para kontraktor untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial, mereka juga bisa mendaftarkan para pekerja di sekeliling mereka seperti asisten rumah tangga, supir, tukang kebun untuk di daftarkan program SERTAKAN agar seluruh kalangan pekerja dapat terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Dengan begitu, para pekerja bisa mencari penghasilan lebih aman dan terjamin. Terutama ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan," tutup Dahlia.

Sementara itu, Manager HRD DSN Group Regional Kaltim 3 Freddy juga memberikan dukungan dan rekomendasi kepada para kontraktor untuk dapat mendaftar menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Program BPJS Ketenagakerjaan itu iurannya sangat terjangkau, dan manfaatnya sangat besar, jadi saya mewajibkan para kontraktor di lingkungan kerja PT. Bima Agri Sawit menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Freddy.