JAKARTA, CEKLISSATU – Berada jauh dari pusat kebakaran di Museum Nasional Indonesia, artefak hasil repatrasi dari Belanda tidak ikut terbakar.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB), Ahmad Mahendra mengatakan, pihak Museum Nasional secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," kata Ahmad seperti dalam keterangannya, Minggu 17 September 2023.

Baca Juga : Ruang Prasejarah Terbakar, Museum Nasional Indonesia Bakal Lakukan Investigasi

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," lanjutnya.

Selanjutnya, Museum Nasional Indonesia untuk sementara waktu akan ditutup hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

nformasi lebih lanjut mengenai tiket yang telah dibeli masyarakat, Ahmad menjelaskan bahwa ini situasi force majeur (keadaan kahar).

Oleh karena itu, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah pihak Museum Nasional memiliki panduan yang lebih jelas.

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," ucapnya.

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," tutup dia.