JAKARTA, CEKLISSATU - Sebuah video dan foto pilot Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY, Kapten Philips M sedang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) beredar di media sosial. 

Philips tampak memakai celana pendek dan baju berwarna hitam dengan gambar bintang kejora. Dia juga terlihat memakai jaket jeans berwarna biru, topi dan memakai sepatu lengkap. Philips berdiri dan dikelilingi oleh pasukan TPNPB-OPM. Beberapa di antara mereka terlihat mengacungkan senjata api.

Dalam salah satu video Philips menyampaikan pesan singkat, "Papua OPM menangkap saya untuk Papua Merdeka." Dia juga melanjutkan mengatakan kalimat yang sama dalam versi bahasa Inggris.

"Kelompok Papua menangkap saya dan mereka berjuang untuk kemerdekaan Papua. Mereka minta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak mereka tetap menahan saya dan keselamatan saya akan terancam," kata Philips menambahkan.

Baca Juga : KKB Papua Sandera Pilot dan 5 Penumpang Susi Air

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo membenarkan foto dan video tersebut. 

"Benar, foto dan video tersebut diduga diambil pada saat insiden pembakaran pesawat Susi Air," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Rabu 15 Februari 2023.

Dengan beredarnya foto tersebut, maka dipastikan bahwa pilot Susi Air disandera oleh KKB

Oleh karenanya, saat ini tim gabungan TNI-Polri masih terus melakukan upaya pencarian dan penyelamatan terhadap pilot tersebut.

"Saya tidak bisa menjelaskan saat ini karena rahasia, mohon maaf. Intinya upaya pencarian dan penyelamatan tetap diupayakan semaksimal mungkin," ujarnya.