CIANJUR,CEKLISSATU - Bukit dengan ketinggian 30 meter di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, longsor hingga menutupi  jalan penghubung antar kecamatan. Longsor juga merusak satu rumah warga yang berada di bawah tebing  dan menutup jalan sepanjang seratus meter, Minggu 03 Desember 2023.


Kepala Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang, Misbahudin menjelaskan, longsor disebabkan oleh tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan bukit tersebut mengalami keretakan akibat gempa bumi satu tahun yang lalu. 


"Setelah diguyur hujan terus-menerus, bukit tersebut akhirnya longsorAkses jalan utama antar kecamatan lumpuh, tidak bisa dilewati kendaraan mobil ataupun motor.  l material berupa tanah lumpur dan pepohonan menutup badan jalan,”ujar Misbahudin kepada wartawan.

Baca Juga : Tanah Longsor Timpa Rumah Warga di Puncak Bogor, Ada Korban Luka


Meskipun tidak ada korban jiwa atau luka dalam bencana longsor ini, akses vital untuk kesehatan, pendidikan, dan perekonomian terhambat untuk sementara waktu karena jalurnya tertutup.


“Sempat khawatir, takut ada warga yang sedang di sawah atau pengendara yang melintas saat kejadian. Dari hasil pengecekan, dipastikan tidak ada korban jiwa atau luka, dan kami juga telah melaporkan kejadian ini ke BPBD dan menunggu alat berat. Pembersihan material secara manual tidak memungkinkan,” ujarnya.


Misbahudin menambahkan bahwa warga terpaksa menggunakan jalan alternatif meskipun dengan jarak tempuh yang lebih jauh.


“Aktivitas sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan warga setempat sangat terhambat. Saat ini, warga harus menempuh jarak belasan kilometer untuk sampai ke kota kecamatan,” pungkasnya.


Dari pantauan di lokasi, satu unit alat berat sudah diterjunkan dan telah memulai evakuasi material tanah yang menutupi seluruh badan jalan.