BOGOR, CEKLISSATU - Adanya perhelatan Biznet Festival Bogor 2024 yang digelar perusahaan infrastruktur digital Biznet di lapangan outdoor GOR Padjajaran, Kecamatan Tanah Sareal, diduga memicu aksi komplotan pencuri.


Pasalnya, dalam satu hari terdapat dua kejadian pencurian di salah satu masjid di kawasan GOR Padjajaran, bahkan aksi pencurian itu sempat terekam kamera CCTV.


Dalam rekaman CCTV yang terpasang di sejumlah sudut masjid, memperlihatkan dua kejadian pencurian yakni pada siang hari tepatnya pukul 12.50 WIB saat salat Dzuhur dan kejadian kedua pada 18.00 WIB atau waktu salat Maghrib.

Baca Juga : Keren, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Mochammad Afifuddin yang Kini Jadi Ketua KPU RI


Pada kejadian pertama di siang hari, terduga pelaku merupakan seorang wanita yang berhasil membawa kabur dua unit handphone dan dompet yang berada di dalam tas korban (dua pelajar) yang sedang melaksanakan salat Dzuhur.

IMG-20240824-WA0140.webp


Sedangkan, kejadian kedua terduga pelaku seorang pria berhasil membawa kabur tas berisi satu unit handphone dan dompet saat korban (pria inisial D) sedang melaksanakan salat Maghrib.


Sekretaris DKM Masjid An-Naba, Iwan Kurniawan membenarkan ada dua kejadian tersebut. Dirinya mengimbau kepada masyarakat atau jamaah yang hendak melaksanakan ibadah di masjid An-Naba untuk tetap waspada dan memperhatikan barang-barang milik pribadinya.


"Bagi jamaah yang sholat di masjid harap menyimpan barang bawannya di depan agar waspada, apalagi dalam situasi lagi ramai. Kami pengurus DKM selalu mengingatkan para jamaah melalui tulisan dan lisan agar tidak sembarang menyimpan barang berharga karena memang rawan pencurian," ucapnya.


"Termasuk kami juga sudah memasang kamera CCTV di sejumlah titik sudut masjid untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah, tetapi namanya musibah memang tidak ada yang tahu, oleh karenanya harus tetap waspada," tambahnya.


Senada, Ketua PWI Kota Bogor, Herman Indra Budi turut menghimbau kepada masyarakat yang ingin beribadah di Masjid An-Naba untuk lebih waspada dan menjaga barang-barang berharga, terutama saat melaksanakan ibadah salat.


"Karena masjid ini berada di lingkungan PWI Kota Bogor tentunya kami juga sudah sering kali mengimbau kepada jamaah ketika lagi salat untuk menyimpan barang bawaan di depan, jangan di belakang untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan," katanya.


Sementara itu, Yuris Suvervisor Biznet mengatakan, kejadian aksi pencurian di Masjid An-Naba itu sudah mengetahui dari pihak ketiga,"Jadi memang kejadian itu diluar prediksi, ditambah lagi jumlah pengunjung mencapai ribuan orang,"paparnya, saat dikonfirmasi, Senin 26 Agustus 2024.


Dia membantah tidak merespon konfirmasi dari awak media. Namun, pihaknya ingin ketemu langsung agar tidak ada miss komunikasi